TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints9669 UR - http://digilib.unila.ac.id/9669/ A1 - NURAINI, 1110309029 Y1 - 2015/03/13/ N2 - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA BERBAGAI PEKERJAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS IV SDN KEJADIAN KECAMATAN TEGINENENG KABUPATEN PESAWARAN TAHUN AJARAN 2014/2015 Oleh NURAINI ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bertema kelas IV SDN Kejadian Pesawaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bertema berbagai pekerjaan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas IV SDN Kejadian Pesawaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus menggunakan langkah-langkah : 1. Perencanaan; 2. Pelaksanaan; 3. Observasi; dan 4. Refleksi. Subyek penelitian adalah guru, teman sejawat, dan siswa kelas IV sebanyak 18 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar dari siklus ke siklus. Rata-rata aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 sebesar 55,56 dan pada pertemuan 2 menjadi 63,33. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 74,44 dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 86,67. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 60,74 dan pada pertemuan 2 menjadi 65,15. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 70,00 dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 75,00. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 50,00% dan pada pertemuan 2 menjadi 66,67%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 77,78% dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 88,89%. Kata kunci : Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD), Aktivitas belajar, Hasil belajar. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA BERBAGAI PEKERJAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS IV SDN KEJADIAN KECAMATAN TEGINENENG KABUPATEN PESAWARAN TAHUN AJARAN 2014/2015 AV - restricted ER -