%A Levi Wulan Sari 0643034020 %J Digital Library %T PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS DI SMA MUHAMMADIYAH MARTAPURA OKU TIMUR SUMATERA SELATAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan metode resitasi untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Martapura. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Penelitian ini berlokasi di SMA Muhammadiyah Martapura dengan subjek penelitian adalah 41 siswa yang terdiri dari 27 putra dan 14 putri, peneliti, dan seorang guru geografi (observer). Data yang diambil berupa hasil tes akhir siklus, hasil kuesioner siswa, dan hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, nilai rata-rata aktivitas belajar geografi siswa 58,5% dan persentase ketuntasan prestasi belajar geografi siswa 55,26%. Pada siklus II, nilai rata-rata aktivitas belajar geografi siswa meningkat menjadi 71,97% dan persentase ketuntasan prestasi belajar geografi siswa meningkat menjadi 68,42% . Dan pada siklus III, nilai rata-rata aktivitas belajar geografi siswa meningkat menjadi 85,21% dan persentase ketuntasan prestasi belajar geografi siswa meningkat menjadi 87,5%. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan metode resitasi dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar geografi siswa kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah Martapura. Oleh karena itu disarankan untuk pembelajaran selanjutnya agar menggunakan metode resitasi agar aktivitas dan prestasi belajar geografi siswa meningkat. %D 2011 %L eprints9744