%0 Generic %A 0643034024, MELIZA LAILA FITRI %D 2011 %F eprints:9747 %T HUBUNGAN ANTARA KELENGKAPAN SUMBER BELAJAR YANG DIMILIKI SISWA DI RUMAH DENGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SEMESTER GENAP MA AL ISLAMIYAH DI KELURAHAN KOTABUMI UDIK KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN AJARAN 2009/2010 %U http://digilib.unila.ac.id/9747/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang hubungan antara kelengkapan sumber belajar geografi yang dimiliki siswa di rumah dengan prestasi belajar geografi siswa kelas X Semester Genap MA Al Islamyah di Kelurahan Kotabumi Udik Kabupaten Lampung Utara Tahun Ajaran 2009/2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X di MA Al Islamiyah sebanyak 127 siswa. Sampel diambil 50% dari populasi yaitu sebanyak 64 siswa. Teknik sampling dengan purposive sampling pengambilan sampel dengan proposional random sampling analisis data dengan menggunakan analisis statistik yaitu Kai-kuadrat. Hasil penelitian ada hubungan yang signifikan pada taraf 5% antara kelengkapan sumber belajar yang dimiliki siswa di rumah dengan prestasi belajar geografi siswa kelas X MA Al Islamyah di Kelurahan Kotabumi Udik Kabupaten Lampung Utara Tahun Ajaran 2009/2010. Hal ini terbukti dengan nilai X2tabel = 12,59 < x_o^2 = 34,64 dengan demikian hipotesis nol (H0) ditolak dan hipoteisis alternative (Ha). Terdapat derajat hubungan yang cukup besar karena harga C = 0,593 dengan harga Cmaks = 0,913. Makin dekat harga C dengan Cmaks makin besar derajat asosiasi antara sumber belajar yang dimiliki siswa di rumah, maka semakin tinggi pula prestasi yang di peroleh siswa. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan yang positif antara kelengkapan sumber belajar dengan prestasi belajar.