@misc{eprints9754, month = {Juli}, title = {Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Semester Genap Mata Pelajaran IPS Di SMP Arjuna Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011}, author = {Try Handrayani 0643034043}, year = {2011}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/9754/}, abstract = {Penelitian ini meneliti tentang Pengaruh motivasi dan disiplin terhadap prestasi belajar siswa semester genap mata pelajaran IPS di SMP Arjuna Bandar Lampung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:(1)Apakah ada pengaruh motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa? (2) Apakah ada pengaruh disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa? (3) Apakah ada pengaruh antara motivasi belajar dan disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa? Sampel adalah sebagian atau populasi yang diteliti. Sampel yang diambil untuk penelitian ini berjumlah 61 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik Observasi, Teknik Dokumentasi dan Kuesioner. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang erat antara motivasi belajar siswa dengan prestasi siswa yaitu dengan koefisien korelasi nilai r 8,260 dan r2 2,66. Untuk pengaruh disiplin belajar siswa dengan prestasi belajar siswa memiliki koefisien korelasi sebesar 7,763 dan r2 2,66. Secara bersama-sama diperoleh nilai korelasi Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data antara motivasi belajar dan disiplin belajar siswa dengan prestasi belajar, maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara variabel motivasi dan disiplin dengan variabel prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis dengan hasil koefisien korelasi nilai F hitung sebesar 57,85 lebih besar dari F tabel 7,896.} }