title: HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN KELENGKAPAN SARANA BELAJAR DI RUMAH DENGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA KARTIKATAMA METRO TAHUN PEMBELAJARAN 2010-2011 creator: 0713034003, FATMAWATI subject: description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dan kelengkapan sarana belajar di rumah dengan prestasi belajar geografi siswa kelas X SMA Kartikatama Metro. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Kartikatama Metro yang berjumlah 245 siswa, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 70 siswa dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik kuesioner, tes dan dokumentasi. Analisis data untuk uji hipotesis 1 dan 2 menggunakan rumus korelasi product moment dan untuk uji hipotesis 3 menggunakan rumus korelasi ganda. Hasil menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan positif yang erat dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar geografi siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Kartikatama Metro dengan nilai koefisien korelasi sebesar (rhitung 0,769 > rtabel = 0,235) artinya semakin tinggi minat belajar siswa maka akan semakin tinggi prestasi belajar yang dicapai siswa, dan sebaliknya semakin rendah minat belajar geografi siswa maka akan semakin rendah prestasi belajar yang dicapai siswa. (2) Terdapat hubungan positif yang erat dan signifikan antara kelengkapan sarana belajar dengan prestasi belajar geografi siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Kartikatama Metro dengan nilai koefisien korelasi sebesar (rhitung = 0,660 > rtabel = 0,235) artinya semakin tinggi prestasi belajar yang dicapai siswa, dan sebaliknya semakin tidak lengkap sarana belajar siswa maka akan semakin rendah prestasi belajar yang dicapai siswa. (3) Terdapat hubungan positif yang erat da signifikan antara minat belajar dan kelengkapan sarana belajar dengan prestasi belajar geografi siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Kartikatama Metro dengan nilai koefisien korelasi ganda sebesar (rhitung = 0,819 > rtabel = 0,235) artinya semakin tinggi minat belajar siswa dan semakin lengkap sarana belajar geografi siswa maka semakin tinggi prestasi belajar geografi yang dicapai siswa, dan sebaliknya semakin rendah minat belajar siswa dan semakin tidak lengkapnya sarana belajar siswa maka semakin rendah prestasi belajar geografi yang dicapai siswa. date: 2011-03-24 type: Skripsi type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9810/1/abstrak.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9810/2/cover%20dalam.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9810/3/cover.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9810/4/daftar%20gambar.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9810/5/daftar%20isi.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9810/6/daftar%20lampiran.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9810/7/daftar%20pustaka.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9810/8/daftar%20tabel.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9810/9/motto.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9810/10/pengesahan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9810/11/persembahan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9810/12/persetujuan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9810/13/riwayat.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9810/14/sanwacana.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9810/15/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9810/16/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9810/17/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9810/18/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9810/19/BAB%20V.pdf identifier: 0713034003, FATMAWATI (2011) HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN KELENGKAPAN SARANA BELAJAR DI RUMAH DENGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA KARTIKATAMA METRO TAHUN PEMBELAJARAN 2010-2011. UNSPECIFIED. relation: http://digilib.unila.ac.id/9810/