TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints9909 UR - http://digilib.unila.ac.id/9909/ A1 - FERA EPIYANA, 1213254015 Y1 - 2015/04/15/ N2 - ABSTRAK Masalah yang ditemukan saat proses pembelajaran di TK Al-Azhar 2 Way Halim adalah masih rendah perkembangan kemampuan kognitif pada anak, khususnya mengenal konsep bilangan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan perkembangan kemampuan anak untuk mengenal konsep bilangan melalui permainan biji. Metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan terdiri dari tiga siklus, siklus pertama dengan mengadakan permainan biji tersembunyi, siklus kedua mengadakan permainan rangkai biji, dan siklus ketiga mengadakan permainan tanam biji. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model bermain dapat meningkatkan perkembangan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak. Hal ini dapat dilihat dari persentase ratarata siklus pertama 70,67% meningkat pada siklus kedua 79,18% dan meningkat lagi pada siklus ketiga menjadi 88,82%. Kata kunci : model pembelajaran, permainan biji, kemampuan kognitif. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN BIJI PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK AL-AZHAR 2 WAY HALIM BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -