%0 Generic %A Sujadi, Umi Janurwati %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:995 %I Fakultas KIP %T PRINSIP KERJA SAMA TUTURAN ANTARTOKOH DALAM NOVEL RANAH 3 WARNA KARYA AHMAD FUADI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA DI SMA %U http://digilib.unila.ac.id/995/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan prinsip kerja sama tuturan antartokoh dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsi-kan prinsip kerja sama antartokoh dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi, tebal novel 473 halaman, cetakan ketiga Januari 2011, diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan prinsip kerja sama pada novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi meliputi penaatan dan pelanggaran maksim. Maksim-maksim tersebut, yaitu maksim kuantitas, kualitas, relasi, dan maksim cara. Berdasarkan 496 data yang diperoleh, data yang menaati semua maksim yaitu maksim kuantitas, kualitas, relasi, dan cara sebesar 371 (74,80%) dan 1 (0,20%) data yang melanggar semua maksim yaitu maksim kuantitas, kualitas, relasi, dan cara. Nilai-nilai pendidikan berkarakter yang terdapat dalam penelitian ini meliputi percaya diri, cinta ilmu, bertanggung jawab, disiplin, religius, bersikap logis, kritis, kreatif, dan inovatif, sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain, menghargai karya dan prestasi orang lain, cinta lingkungan, kebangsaan, nasoinalis, dan menghargai keragaman. Kajian tentang prinsip kerja sama berimplikasi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia serta dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran dalam keterampilan berbicara.