title: STUDI DIAGNOSTIK PEMERIKSAAN FESES MENGGUNAKAN METODE DIRECT SLIDE DENGAN METODE KONSENTRASI DALAM MENEGAKKAN DIAGNOSIS KECACINGAN creator: 0918011095, R.A. SITI MARHANI subject: description: Infeksi kecacingan adalah infeksi yang disebabkan oleh cacing kelas nematoda usus khususnya yang penularan melalui tanah, diantaranya Ascaris lumbricoides, Trichuris trichiura, dan cacing tambang (Ancylostoma duodenale dan Necator americanus). Kejadian kecacingan STH di Indonesia masih relatif tinggi pada tahun 2006, yaitu sebesar 32,6 %. Pemeriksaan feses dengan metode direct slide dan metode konsentrasi termasuk alat dalam menegakkan diagnosa kecacingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sensitivitas pemeriksaan feses dengan metode direct slide dan metode konsentrasi dalam menegakkan diagnosis kecacingan. Desain penelitian yang digunakan ialah cross sectional dengan kekhususan pada penelitian diagnostik. Sampel penelitian berjumlah 79 sampel yang diperoleh dengan menggunakan metode n sample, kemudian dilakukan studi diagnostik pemeriksaan feses dengan metode direct slide dan metode konsentrasi. Hasil penelitian dari studi diagnosis pemeriksaan feses dengan metode direct slide dan metode konsentrasi menunjukkan bahwa pasien yang terdiagnosis pasti infeksi kecacingan sebesar 12 kasus (15,19%), untuk pemeriksaan metode direct slide positif kecacingan dan hasil metode konsentrasi negatif kecacingan ada 1 kasus (1,26%), untuk pemeriksaan metode direct slide negatif kecacingan dan metode konsentrasi positif kecacingan ada 29 kasus (36,75%), sedangkan yang memberikan hasil negatif pada kedua pemeriksaan ada 37 kasus (46,8%). Hasil analisis diagnostik pemeriksaan feses menggunakan metode konsentrasi yaitu sensitivitas 92,3%; spesifisitas 56%; nilai duga positif 29,3%; nilai duga negatif 97,4%; rasio kemungkinan positif 2,1; rasio kemungkinan negatif 0,14; dan akurasi 62,02%. Dari hasil yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan bahwa pemeriksaan feses dengan metode konsentrasi memiliki sensitivitas 92,3% sehingga dapat diandalkan sebagai alat diagnostik kecacingan. Kata kunci : kecacingan, metode direct slide, metode konsentrasi date: 2012-12-12 type: Artikel type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9952/1/Cover%20hani%20pdf.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9952/2/ABSTRACT%20english%20hani%20pdf.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9952/3/ABSTRAK%20indo%20hani%20pdf.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9952/4/cover%20dalam%20hani%20pdf.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9952/5/Halaman%20Persetujuan%20hani%20pdf.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9952/6/Halaman%20Pengesahan%20hani%20pdf.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9952/7/riwayat%20hidup%20hani%20pdf.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9952/8/halaman%20persembahan%20hani%20pdf.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9952/9/sanwacana%20hani%20pdf.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9952/11/daftar%20isi.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9952/12/daftar%20tabel.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9952/13/daftar%20gambar.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9952/14/daftar%20lampiran.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9952/15/bab%201%20hani%20pdf.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9952/16/Bab%20II%20hani%20pdf.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9952/17/Bab%20III%20hani%20pdf.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9952/18/Bab%20IV%20hani%20pdf.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9952/19/Bab%20V%20hani%20pdf.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/9952/20/daftar%20pustaka%20hani%20pdf.pdf identifier: 0918011095, R.A. SITI MARHANI (2012) STUDI DIAGNOSTIK PEMERIKSAAN FESES MENGGUNAKAN METODE DIRECT SLIDE DENGAN METODE KONSENTRASI DALAM MENEGAKKAN DIAGNOSIS KECACINGAN. Digital Library. relation: http://digilib.unila.ac.id/9952/