%A Windu Budiarta Hariyanto %T RELASI DALAM WACANA KUMPULAN CERPEN DI ATAS SAJADAH CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA %X Relasi dalam wacana memiliki peran cukup penting dalam kegiatan menulis cerpen karena merupakan salah satu penanda yang dapat menentukan tingkat keterbacaan dan kepaduan wacana cerpen yang ditulis seseorang. Oleh karena itu, bagaimana relasi dalam wacana kumpulan cerpen Di Atas Sajadah Cinta karya Habiburrahman El Shirazy merupakan masalah dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan relasi dalam wacana kumpulan cerpen Di Atas Sajadah Cinta karya Habiburrahman El Shirazy dan implikasinya terhadap pembelajaran Sastra Indonesia di SMA. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa cerpen-cerpen dalam kumpulan cerpen Di Atas Sajadah Cinta karya Habiburrahman El Shirazy berjumlah 268 halaman. Data penelitian ini berupa cuplikan teks monolog dan dialog yang terdapat relasi dalam wacana. Berdasarkan hasil analisis data, relasi dalam wacana penelitian ini dibatasi menjadi relasi referensi dan relasi leksikal. Relasi referensi terbagi atas referensi pronomina, referensi demonstratif, dan referensi komparatif. Relasi referensi yang ditemukan ada yang berbentuk endofora (anafora dan katafora) dan eksopora. Sementara itu, relasi leksikal yang ditemukan berupa reinterasi (repitisi, sinonim, dan hiponim) dan kolokasi (antonim ekslusif dan antonim inklusif). Semua jenis relasi ini, ditemukan pada cuplikan teks baik yang berbentuk monolog maupun dialog yang terdapat dalam kumpulan cerpen ini. Windu Budiarta iii Penelitian ini berimplikasi dalam pembelajaran bahasa dan sastra di SMA, dengan mempelajari relasi dalam wacana, siswa mampu menulis atau berbicara dengan menggunakan bahasa yang komunikatif dan pilihan kata yang tepat sehingga wacana yang dihasilkan menjadi padu/utuh serta mudah dimengerti oleh kawan bicaranya (siswa lain). Standar kompetensi dan kompetensi dasar yang berhubungan dengan penggunaan relasi dalam wacana terdapat pada silabus SMA dalam aspek berbicara dan menulis. %C Universitas Lampung %D 2013 %I Fakultas KIP %L eprints996