?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=ANALISIS+HUKUM+WANPRESTASI+DALAM+PERJANJIAN+%0D%0APEMBIAYAAN+KONSUMEN%0D%0A(Studi+Pada+PT+Dharmatama+Megah+Finance+Cabang+Metro)&rft.creator=0812011047%2C+KURNIA+DWIRIZKI+ARIZUAN&rft.subject=+&rft.description=Abstrak%0D%0A%0D%0A%0D%0AKeterbatasan++dana++menjadi++kendala++utama++bagi++konsumen++untuk++membeli++suatu+%0D%0Akendaraan++roda++empat++secara++tunai.++Suatu++perusahaan++pembiayaan++di++bidang+%0D%0Apembiayaan++konsumen++menjadi+salah+satu+alternatif+bagi+konsumen+untuk+dapat+%0D%0Amembeli++kendaraan++roda++empat++tersebut++secara++kredit%2C++salah++satunya++adalah++PT+%0D%0ADharmatama++Megah++Finance++Cabang++Metro.++Pemberian++pembiayaan++kepada+%0D%0Akonsumen++harus++didahului++dengan++adanya++suatu++perjanjian++yang++disebut++dengan+%0D%0Aperjanjian++pembiayaan++konsumen.+Perjanjian+pembiayaan+konsumen+mempunyai+%0D%0Afungsi++penting++karena++dalam++praktik++pelaksanaan++perjanjian++pembiayaan+%0D%0Akonsumen+mempunyai+peluang+terjadinya+risiko%2C+risiko+yang+terbesar+adalah+tidak+%0D%0Aterpenuhinya++kewajiban+++(wanprestasi)++oleh++Debitur.++Permasalahan++dalam+%0D%0Apenelitian++ini%2C++yaitu++apa++saja++bentuk++wanprestasi++Debitur++dalam++pelaksanaan+%0D%0Aperjanjian+pembiayaan+konsumen%2C+bagaimana+akibat+hukum+wanprestasi+Debitur+%0D%0Adalam++perjanjian++pembiayaan++konsumen%2C++dan++bagaimana++upaya++penyelesaian+%0D%0Awanprestasi+Debitur+oleh+PT+Dharmatama+Megah+Finance.++Tujuan+penelitian+ini+%0D%0Aadalah+memperoleh+deskripsi++secara+jelas%2C++lengkap%2C++dan+terperinci++tentang++bentuk+%0D%0Awanprestasi++Debitur++dalam++pelaksanaan+perjanjian+pembiayaan+konsumen%2C+akibat+%0D%0Ahukum++wanprestasi++Debitur++dalam++perjanjian++pembiayaan++konsumen%2C++dan++upaya+%0D%0Apenyelesaian+wanprestasi+Debitur+oleh+PT+Dharmatama+Megah+Finance.%0D%0AJenis+penelitian+ini+adalah+penelitian+normatif+empiris+dengan+pendekatan+masalah+%0D%0Apada++penelitian++ini++adalah++pendekatan++normatif++terapan++(applied++law++approach).+%0D%0AData++yang++digunakan++adalah++data++primer++dan++data++sekunder%2C++yang++dikumpulkan+%0D%0Adengan++cara++studi++lapangan%2C++studi++pustaka%2C++dan++studi++dokumen.++Data++yang++telah+%0D%0Aterkumpul++akan++diolah++dengan++cara++pemeriksaan++data++(editing)%2C++klasifikasi++data+%0D%0A(classification)%2C++dan++sistematisasi++data++(systematizing)%2C++yang++kemudian++akan+%0D%0Adianalisis++dengan++menggunakan++teknik++analisis++kualitatif++yang++dilakukan++secara+%0D%0Akomprehensif+dan+lengkap.%0D%0AHasil++penelitian++dan++pembahasan++menunjukkan++bahwa++terdapat++beberapa++bentuk+%0D%0Awanprestasi++yang++terjadi++dalam++praktik++pelaksanaan++perjanjian++pembiayaan+%0D%0Akonsumen+pada+PT+Dharmatama+Megah+Finance%2C+yaitu+keterlambatan+pembayaran+%0D%0Aangsuran%2C++Debitur++menggadaikan++kendaraaan++roda++empat%2C++Debitur%0D%0Amengoperalihkan++kendaraan++roda++empat%2C++dan++Debitur++membawa++lari++kendaraan+%0D%0Aroda++empat.++Wanprestasi++Debitur++dalam++pelaksanaan++perjanjian++pembiayaan+%0D%0Akonsumen+menimbulkan+adanya+suatu+akibat+hukum%2C+yaitu++pemenuhan+perjanjian+%0D%0Adiertai++ganti+rugi%2C+pemutusan+perjanjian%2C++dan++pemutusan+perjanjian+disertai+ganti+%0D%0Arugi.+%0D%0AUpaya+penyelesaian+wanprestasi+oleh+PT+Dharmatama+Megah+Finance+dilakukan+%0D%0Adengan++cara++memberikan++peringatan++secara++lisan++melalui++via++telepon++dan+%0D%0Amemberikan++peringatan++secara++tulisan++yaitu%2C++Surat++Peringatan++I++(SP++I)%2C++Surat+%0D%0APeringatan+II+(SP+II)%2C+dan+Surat+Peringatan+III+(SP+III)%2C+apabila++Debitur+tetap++tidak+%0D%0Aada++itikad++baik++maka++pihak++perusahaan++pembiayaan++konsumen++akan++melakukan+%0D%0Apenyelidikan++oleh++kolektor++dan++mengeluarkan++Surat++Kuasa++Tarik++(SKT)++untuk+%0D%0Amengambil++kendaraan++roda++empat++yang++dilakukan++oleh++eksekutor.++Setelah+%0D%0Akendaraan++ditarik%2C++maka++akan++dilakukan++pelelangan++jika++Debitur++tidak+%0D%0Amenginginkan+kembali+kendaraan+roda+empat+dalam+jangka+waktu+1+(satu)+bulan.+%0D%0AKata+Kunci%3A+Pembiayaan+konsumen%2C+perjanjian%2C+wanprestasi.&rft.date=2012-02-05&rft.type=Skripsi&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9970%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9970%2F2%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9970%2F3%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9970%2F3%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9970%2F4%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9970%2F5%2FCOVER%2520DALAM%2520NEW.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9970%2F6%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9970%2F7%2FCOVER%2520LUAR%2520naii.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9970%2F8%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9970%2F9%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9970%2F10%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9970%2F11%2FPENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9970%2F12%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9970%2F13%2FSANAWACANA.pdf&rft.identifier=++0812011047%2C+KURNIA+DWIRIZKI+ARIZUAN++(2012)+ANALISIS+HUKUM+WANPRESTASI+DALAM+PERJANJIAN+PEMBIAYAAN+KONSUMEN+(Studi+Pada+PT+Dharmatama+Megah+Finance+Cabang+Metro).++UNSPECIFIED.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F9970%2F