?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGGUNAAN+EUFEMISME+DAN+DISFEMISME%0D%0APADA+TAJUK+RENCANA+SURAT+KABAR+HARIAN+RADAR+LAMPUNG%0D%0ADAN+LAMPUNG+POST+SERTA+IMPLIKASINYA+TERHADAP+PEMBELAJARAN+BAHASA+INDONESIA+DI+SMA&rft.creator=Sampurna%2C+Abdan+Syakur+Febrianjaya&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=PK+Indo-Iranian&rft.description=Masalah+yang+dibahas+dalam+penelitian+ini+adalah+bagaimana+penggunaan+eufemisme+dan+disfemisme+pada+tajuk+rencana+surat+kabar+harian+Radar+Lampung+dan+Lampung+Post+serta+implikasinya+terhadap+pembelajaran+bahasa+Indonesia+di+SMA.+Tujuan+penelitian+ini+untuk+mendeskripsikan+penggunaan+eufemisme+dan+disfemisme+pada+tajuk+rencana+surat+kabar+harian+Radar+Lampung+dan+Lampung+Post+serta+implikasinya+terhadap+pembelajaran+bahasa+Indonesia+di+SMA.%0D%0AMetode+yang+digunakan+dalam+penelitian+ini+adalah+metode+deskriptif+kualitatif.+Sumber+data+penelitian+adalah+teks+tajuk+rencana+dalam+surat+kabar+harian+Radar+Lampung+dan+Lampung+Post.+Data+yang+berupa+teks+dalam+penelitian+ini+dianalisis+dengan+cara+membaca+tajuk+rencana+pada+surat+kabar+harian+Radar+Lampung+dan+Lampung+Post.+Langkah+selanjutnya+menandai+dan+mengidentifikasi+eufemisme+dan+disfemisme+yang+terkandung+di+dalam+tajuk+rencana.+Terakhir%2C+menyimpulkan+hasil+analisis+penggunaan+eufemisme+dan+disfemisme+pada+tajuk+rencana+serta+mengimplikasikannya+terhadap+pembelajaran+bahasa+Indonesia+di+SMA.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+terdapat+penggunaan+eufemisme+dan+disfemisme+pada+tajuk+rencana+Radar+Lampung+dan+Lanpung+Post.+Penulis+tajuk+rencana+Radar+Lampung+dan+Lampung+Post+lebih+banyak+menggunakan+disfemisme+dibandingkan+dengan+eufemisme.+Eufemisme+yang+ditemukan+berjumlah+18+data+dan+disfemisme+berjumlah+77+data.+Hal+ini+menunjukkan+bahwa+penulis+tajuk+rencana+lebih+sering+mengkritisi+berita+dengan+bahasa+yang+kurang+menyenangkan.+Penggunaan+eufemisme+dan+disfemisme+juga+dapat+diklasifikasikan+berdasarkan+bentuk+gramatikal%2C+referen%2C+subjek+yang+dituju%2C+tujuan%2C+dan+isinya.+Berdasarkan+bentuk+gramatikal%2C+eufemisme+dan+disfemisme+diklasifikasikan+bentuk%3B+kata%2C+frasa%2C+dan+klausa.+Berdasarkan+referannya%2C+eufemisme+dan+disfemisme+diklasifikasikan+berdasarkan%3B+peristiwa%2C+keadaan%2C+tindakan%2Fperilaku%2C+karakter%2Fsifat%2C+orang%2C+dan+tempat.+Berdasarkan+tujuannya%2C%0D%0Aii%0D%0Aeufemisme+diklasifikasikan+berdasarkan+tujuan%3B+mengaburkan%2C+menenangkan%2C+dan+mempersopan.+Sementara+disfemisme+dapat+diklasifikasikan+berdasarkan+tujuannya%3B+menguatkan%2C+menakutkan%2C+menyeramkan%2C+menjijikkan%2C+dan+mengerikan.+Berdasarkan+subjek+yang+dituju%2C+eufemisme+dan+disfemisme+diklasifikasikan+berdasarkan+subjek%3B+orang%2C+masyarakat+dan+golongan.%0D%0AEufemisme+dan+disfemisme+berimplikasi+dalam+pembelajaran+bahasa+Indonesia+di+SMA.+Pembelajaran+yang+berkaitan+dengan+eufemisme+dan+disfemisme+ada+pada+kompetensi+berbicara+di+kelas+X+semester+genap%2C+yaitu+menyampaikan+kritikan.+Tajuk+rencana+Radar+Lampung+dan+Lampung+Post+dapat+digunakan+sebagai+bahan+ajar+karena+kedua+surat+kabar+tersebut+terdapat+penggunaan+eufemisme+dan+disfemisme+dalam+menyampaikan+kritikan.&rft.publisher=Fakultas+KIP&rft.date=2013-09-23&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F998%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F998%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F998%2F3%2FLEMBAR%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F998%2F4%2FLEMBAR%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F998%2F5%2FLEMBAR%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F998%2F6%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F998%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F998%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F998%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F998%2F10%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F998%2F11%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F998%2F12%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F998%2F13%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++Sampurna%2C+Abdan+Syakur+Febrianjaya++(2013)+PENGGUNAAN+EUFEMISME+DAN+DISFEMISME+PADA+TAJUK+RENCANA+SURAT+KABAR+HARIAN+RADAR+LAMPUNG+DAN+LAMPUNG+POST+SERTA+IMPLIKASINYA+TERHADAP+PEMBELAJARAN+BAHASA+INDONESIA+DI+SMA.++Fakultas+KIP%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F998%2F