Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:44:28ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-26T04:56:27Z2016-01-26T04:56:27Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20378This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/203782016-01-26T04:56:27ZPERBANDINGAN METODE LATIHAN BAGIAN DENGAN METODE
LATIHAN KESELURUHAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR
PUKULAN FOREHAND DRIVE TENIS MEJA PADA
KEGIATAN EXSTRAKURIKULER SISWA
PUTRA SMK GAJAH TUNGGAL
HADIMULYO METRO
TAHUN 2009Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan manakah yang lebih efektif antara
metode latihan bagian dengan metode latihan keseluruhan terhadap prestasi
belajar pukulan forehand drive tenis meja pada. Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa
Putra SMK Gajah Tunggal Hadimulyo Metro Tahun 2009.
Penelitian ini dilaksanakan selama lebih kurang 2 bulan dari mulai tanggal 1
Februari 2009 sampai dengan 31 Maret 2009. Sebagai populasi dalam penelitian
ini adalah siswa pada Siswa Putra SMK Gajah Tunggal Hadimulyo Metro Tahun
2009 yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Sampel diambil sebanyak 20 siswa
sesuai dengan jumlah siswa . metode latihan dengan cara peringkat, sehingga
terpilih 10 siswa untuk metode latihan bagian-bagian dan 10 siswa untuk metode
latihan keseluruhan.
Tolak ukur yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan
bermain tenis meja untuk siswa putra. Data yang diperoleh melalui tes awal dan
tes akhir. Dianalisis dengan statistika uji t pada taraf kepercayaan (α) = 0,05.
Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh metode bagian dengan
metode latihan keseluruhan terhadap peningkatan keterampilan bermain tenis
meja pukulan forehand drive yang signifikan.
Hasil perhitungan tes akhir diperoleh thitung 3,161 bila dibandingkan dengan
ttabel 1,83 berarti nilai thitung > ttabel.
Artinya dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan dari dua perlakuan yang berbeda
dalam penelitian ini atau metode latihan bagian lebih efektif dibandingkan dengan
metode latihan keseluruhan terhadap prestasi belajar pukulan forehand drive tenis
meja pada kegiatan ekstrakurikuler siswa putra SMK Gajah Tunggal Hadimulyo
Metro Tahun 2009.Susi Widiyanti 03130510292016-01-22T07:42:35Z2016-01-22T07:42:35Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19096This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/190962016-01-22T07:42:35ZPERBANDINGAN METODE LATIHAN BAGIAN DENGAN METODE
LATIHAN KESELURUHAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR
PUKULAN FOREHAND DRIVE TENIS MEJA PADA
KEGIATAN EXSTRAKURIKULER SISWA
PUTRA SMK GAJAH TUNGGAL
HADIMULYO METRO
TAHUN 2009ABSTRAK.
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan manakah yang lebih efektif antara
metode latihan bagian dengan metode latihan keseluruhan terhadap prestasi
belajar pukulan forehand drive tenis meja pada. Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa
Putra SMK Gajah Tunggal Hadimulyo Metro Tahun 2009.
Penelitian ini dilaksanakan selama lebih kurang 2 bulan dari mulai tanggal 1
Februari 2009 sampai dengan 31 Maret 2009. Sebagai populasi dalam penelitian
ini adalah siswa pada Siswa Putra SMK Gajah Tunggal Hadimulyo Metro Tahun
2009 yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Sampel diambil sebanyak 20 siswa
sesuai dengan jumlah siswa . metode latihan dengan cara peringkat, sehingga
terpilih 10 siswa untuk metode latihan bagian-bagian dan 10 siswa untuk metode
latihan keseluruhan.
Tolak ukur yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan
bermain tenis meja untuk siswa putra. Data yang diperoleh melalui tes awal dan
tes akhir. Dianalisis dengan statistika uji t pada taraf kepercayaan (α) = 0,05.
Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh metode bagian dengan
metode latihan keseluruhan terhadap peningkatan keterampilan bermain tenis
meja pukulan forehand drive yang signifikan.
Hasil perhitungan tes akhir diperoleh thitung 3,161 bila dibandingkan dengan
ttabel 1,83 berarti nilai thitung > ttabel.
Artinya dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan dari dua perlakuan yang berbeda
dalam penelitian ini atau metode latihan bagian lebih efektif dibandingkan dengan
metode latihan keseluruhan terhadap prestasi belajar pukulan forehand drive tenis
meja pada kegiatan ekstrakurikuler siswa putra SMK Gajah Tunggal Hadimulyo
Metro Tahun 2009.Susi Widiyanti 03130510292015-10-22T09:34:30Z2015-10-22T09:34:30Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13254This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/132542015-10-22T09:34:30ZPERBANDINGAN METODE LATIHAN BAGIAN DENGAN METODE
LATIHAN KESELURUHAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR
PUKULAN FOREHAND DRIVE TENIS MEJA PADA
KEGIATAN EXSTRAKURIKULER SISWA
PUTRA SMK GAJAH TUNGGAL
HADIMULYO METRO
TAHUN 2009Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan manakah yang lebih efektif antara
metode latihan bagian dengan metode latihan keseluruhan terhadap prestasi
belajar pukulan forehand drive tenis meja pada. Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa
Putra SMK Gajah Tunggal Hadimulyo Metro Tahun 2009.
Penelitian ini dilaksanakan selama lebih kurang 2 bulan dari mulai tanggal 1
Februari 2009 sampai dengan 31 Maret 2009. Sebagai populasi dalam penelitian
ini adalah siswa pada Siswa Putra SMK Gajah Tunggal Hadimulyo Metro Tahun
2009 yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Sampel diambil sebanyak 20 siswa
sesuai dengan jumlah siswa . metode latihan dengan cara peringkat, sehingga
terpilih 10 siswa untuk metode latihan bagian-bagian dan 10 siswa untuk metode
latihan keseluruhan.
Tolak ukur yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan
bermain tenis meja untuk siswa putra. Data yang diperoleh melalui tes awal dan
tes akhir. Dianalisis dengan statistika uji t pada taraf kepercayaan (α) = 0,05.
Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh metode bagian dengan
metode latihan keseluruhan terhadap peningkatan keterampilan bermain tenis
meja pukulan forehand drive yang signifikan.Susi Widiyanti 0313051029