Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:30:17ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-07T02:03:59Z2015-12-07T02:03:59Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15194This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/151942015-12-07T02:03:59ZPENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NUMBERED
HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS
DAN PENGUASAAN KONSEP TATA NAMA DAN PERSAMAAN
REAKSI SEDERHANA
(PTK pada Siswa Kelas X
6
SMA Negeri 2 Pringsewu
Tahun Pelajaran 2011-2012) Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 2 pringsewu diperoleh nilai rata-rata
ulangan harian kelas X pada materi pokok Tata Nama Senyawa dan Persamaan
Reaksi Sederhana tahun pelajaran 2010-2011 masih rendah yaitu 62,4. Siswa yang
memperoleh nilai ≥ 65 hanya sebesar 55%, hal ini belum memenuhi KKM yang
ditetapkan sekolah yaitu 100% siswa memperoleh nilai ≥ 65. Masih banyak siswa
yang mengganggap pelajaran kimia sulit dan tidak dilibatkannya siswa dalam
proses pembelajaran mengakibatkan aktivitas dan penguasaan konsep siswa
terhadap pembelajaran kimia masih rendah. Untuk mengatasi hal ini diperlukan
pembelajaran yang sesuai yaitu dengan menerapkan pembelajaran kooperatif
teknik NHT.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan (1) rata-rata
persentase tiap jenis aktivitas siswa; (2) rata-rata persentase penguasaan konsep
siswa, dan (3) persentase ketuntasan belajar siswa melalui pembelajaran
kooperatif teknik NHT dari siklus ke siklus.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua
siklus. Data dalam penelitian ini terdiri dari data kualitatif berupa data aktivitas
siswa dan data kuantitatif berupa data penguasaan konsep siswa.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan (1) persentase rata-rata
aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II untuk tiap jenis aktivitas, yaitu aktivitas
bertanya pada guru meningkat 7,09%, aktivitas menanggapi jawaban dari
kelompok lain meningkat 6,58%, aktivitas aktif dalam diskusi kelompok
meningkat 16,85% dan aktivitas mengerjakan LKS atau latihan soal meningkat
6,61%; (2) rata-rata penguasaan konsep siswa dari siklus I ke siklus II meningkat
3,29%;(3) persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari siklus I ke
siklus II meningkat sebesar 12,5%. Chardiana Ekawati 0413023015