Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:28:33ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-07T02:04:11Z2015-12-07T02:04:11Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15195This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/151952015-12-07T02:04:11ZPENERAPAN LEARNING CYCLE 3-E UNTUK MENINGKATKAN
AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI
TATANAMA SENYAWA ANORGANIK DAN ORGANIK
SERTA PERSAMAAN REAKSI SEDERHANA
(PTK pada Siswa Kelas X.B
SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung)
Berdasarkan hasil observasi di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung
diketahui bahwa, nilai rata-rata penguasaan konsep siswa kelas X.B pada mid
semester ganjil tahun 2011/2012 untuk mata pelajaran kimia adalah 62,8. Siswa
yang berhasil memperoleh nilai 70 hanya sebesar 35%. Nilai tersebut belum
memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu,
sebesar 100% siswa mendapat nilai 70. Penerapan pembelajaran yang
digunakan masih berupa metode ceramah dan latihan soal, serta aktivitas relevan
(on task) siswa selama proses pembelajaran masih rendah. Penerapan model
pembelajaran Learning Cycle 3-E (LC 3E) yang bersifat konstruktivisme menjadi
upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep pada materi
tatanama senyawa anorganik dan organik serta persamaan reaksi sederhana.
2
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan (1) rata-rata persentase setiap
jenis aktivitas on task, (2) rata-rata persentase penguasaan konsep, dan (3)
persentase ketuntasan belajar. Subyek dari penelitian ini adalah kelas X.B dengan
jumlah siswa 40 orang yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 25 siswa
perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan menggunakan model
pembelajaran LC 3E yang terdiri dari 3 fase yaitu; eksploration, eksplanation, dan
elaboration.
Hasil penelitian ini adalah terjadinya peningkatan (1) rata-rata persentase setiap
jenis aktivitas on task siswa untuk aktivitas, mengerjakan LKS sebesar 40%,
bertanya pada guru sebesar 36%, menjawab pertanyaan guru sebesar 20% dan
memberi pendapat sebesar 12,5%, (2) rata-rata persentase penguasaan konsep
kimia siswa sebesar 14,02%, dan (3) persentase ketuntasan belajar siswa 20%.
Indikator kerja yang diharapkan adalah terjadinya peningkatan sebesar 10% dari
siklus 1 ke siklus 2 untuk aktivitas ontask siswa, penguasaan konsep, dan
ketuntasan belajar. Dengan demikian, penerapan LC 3E mampu meningkatkan
aktivitas dan penguasaan konsep siswa pada materi tatanama senyawa anorganik
dan organik serta persamaan reaksi sederhana. Egariah 0413023021