Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:28:10ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-14T01:50:11Z2015-12-14T01:50:11Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15600This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/156002015-12-14T01:50:11ZHUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN
PEMANFAATAN MEDIA OLEH GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR
EKONOMI SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN
2009/2010Metode mengajar dan pemanfaatan media merupakan komponen dalam proses belajar
mengajar yang tidak dapat dilepaskan atau dipisah-pisahkan. Berlangsungnya proses
pembelajaran harus didorong oleh keinginan siswa belajar atau merubah sesuatu menjadi
lebih baik. Tetapi pada kenyataanya banyak siswa memiliki motivasi yang masih rendah
untuk belajar, hal ini dipengaruhi oleh berbagi faktor di sekolah khususnya. Untuk
menumbuhkan motivasi belajar siswa tersebut sangatlah sulit karena berhubungan erat
dengan diri sendiri atau psikologi seseorang. Penggunan metode mengajar tepat dan
bervariasi serta pemanfatan media belajar yang optimal merupakan salah satu cara yang
digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang metode mengajar
guru dan pemanfaatan media oleh guru dengan motivasi belajar ekonomi siswa kelas VIII
semester ganjil di SMP Negeri 24 Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010.
h ada hubungan persepsi siswa tentang
metode mengajar dan pemanfaatan media oleh guru dengan motivasi belajar ekonomi siswa
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ex Post Facto dan tergolong sebagai
penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini berjumlah 148 orang dengan jumlah sampel
berdasarkan pada rumus T. Yamane sebanyak 108 orang. Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini adalah simpel random sampling. Data diperoleh melalui dokumentasi dan
penyebaran kuesioner kepada sampel. Pengujian hipotesis menggunakan Korelasi Product
Moment dan Korelasi Multiple.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, ternyata koefisien korelasi (R) sebesar 0,671
dengan F
hitung
>F
tabel
yaitu F
hitung
= 42,883 dan F
tabel
= F
(0,05/2) (dk=108-2-1)
= 3,08. Dengan
demikian maka H
o
ditolak dan H
a
diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada
hubungan persepsi siswa tentang metode mengajar dan pemanfaatan media oleh guru dengan
motivasi belajar ekonomi siswa kelas VIII semester ganjil di SMP Negeri 24 Bandar
Lampung tahun pelajaran 2009/2010.KETUT SURYANI 0413031056