Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T02:05:02ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-11-20T02:07:04Z2015-11-20T02:07:04Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14639This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/146392015-11-20T02:07:04ZPENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NUMBERED
HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN
KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA
MATERI POKOK SISTEM KOLOIDHasil wawancara dan observasi dengan guru bidang studi kimia kelas XI SMA YP
Unila Bandar Lampung, diketahui bahwa metode pembelajaran yang digunakan
dalam materi pokok sistem koloid adalah pembelajaran dengan metode ceramah,
siswa tidak dilibatkan langsung, berlatih dan berpikir secara mandiri dalam usaha
penemuan konsep dari materi pelajaran, sehingga aktivitas siswa dalam pembel-
ajaran belum mampu menunjukkan penguasaan keterampilan berpikir kritis. Salah
satu upaya meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi pokok Sistem
Koloid adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik
Numbered Head Together (NHT).
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran
kooperatif teknik NHT mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa
pada materi pokok sistem koloid. Rancangan penelitian yang digunakan adalah
kuasi eksperimen menggunakan desain penelitian randomized pretest-postest
control group design yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah Kelas XI IPA SMA YP Unila,
sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa kelas XI IPA3 sebagai kelas
eksperimen dan 40 siswa kelas XI IPA4 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian
dihitung berdasarkan nilai N-Gain skor pretes dan postes kedua kelas. Data N-
Gain diolah dengan program SPSS untuk mengetahui peningkatan keterampilan
berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan
rata-rata nilai N-gain yang signifikan dari semua indikator keterampilan berpikir
kritis yang diteliti antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dapat disimpulkan
bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik NHT mampu meningkat-
kan keterampilan berpikir kritis siswa. Peningkatan keterampilan berpikir kritis
tertinggi terjadi pada indikator membuat kesimpulan dan peningkatan terendah
terjadi pada indikator memberikan contoh dan noncontoh.Umi Munawaroh 0513023012