Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:36:10ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-14T01:46:10Z2015-12-14T01:46:10Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15612This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/156122015-12-14T01:46:10ZPENGARUH PENGGUNAAN ANIMASI MULTIMEDIA DENGAN
MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR TERHADAP
KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
PADA MATERI POKOK SISTEM
PERNAPASAN MANUSIA
SMA Negeri 7 Bandar Lampung telah memiliki fasilitas ruang multimedia namun
pemanfaatannya minim dan belum mengkombinasikannya dengan model
pembelajaran yang dapat menggali keterampilan berpikir kritis siswa. Animasi
multimedia yang dikombinasikan dengan model siklus belajar diyakini dapat
menggali keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok sistem pernapasan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan animasi
multimedia yang dikombinasikan dengan model siklus belajar terhadap
keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan
desain pretes-postes tak ekuivalen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa
kelas XI IPA 3 dan IPA 4 yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random
sampling. Data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif yang berupa
keterampilan berpikir kritis siswa yang diambil dari nilai pretes, postes dan N-
gain. Nilai pretes, postes dan N-gain tersebut kemudian dianalisis dengan uji t.
Aryuni
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji t
2
diketahui bahwa t
hit (10,76)
> t
tabel (1,996)
sehingga H
0
(perbedaan dua rata-rata)
di tolak. Berarti rata-rata N-gain
siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata N-gain siswa pada
kelas kontrol. Pada penelitian ini juga dilakukan uji t untuk tiap-tiap indikator
keterampilan berpikir kritis siswa yang diamati yaitu indikator memberikan
penjelasan sederhana diperoleh t
hit(5,765),
t
hit(4,158),
indikator menyimpulkan t
hit(3,487)
lanjut t
hit(2,419).
indikator membangun keterampilan dasar
dan indikator memberikan penjelasan
Dari hasil Uji t N-gain tiap indikator keterampilan berpikir kritis
siswa diperoleh t hitung > t tabel
(1,996)
yang berarti ada perbedaan yang signifikan
pada semua indikator keterampilan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen
dan kontrol. Indikator keterampilan berpikir kritis siswa yang mengalami
peningkatan paling tinggi adalah indikator memberikan penjelasan lanjut yaitu
sebesar 33,99%.ARYUNI 0513024017