Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T08:27:11ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-10-22T10:14:49Z2015-10-22T10:14:49Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13633This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/136332015-10-22T10:14:49ZPENGARUH PEMBELAJARAN MODEL
PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI)
TERHADAP PENGUASAAN MATERI
POKOK EKOSISTEM OLEH SISWA
(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA
Negeri 12 Bandar Lampung T.P 2010/2011 )Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh pembelajaran model (PBI) terhadap
penguasaan materi pokok ekosistem oleh siswa. Dari seluruh siswa kelas X di SMA
Negeri 12 Bandar Lampung, diambil 2 kelas sebagai sampel. Pengambilan sampel
dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling. Siswa kelas X1 sebagai
kelompok eksperimen, dan siswa kelas X2 sebagai kelompok kontrol.
Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest dan posttest tak ekuivalen.
Data penelitian berupa data kuantitatif yaitu penguasaan materi yang diperoleh dari
nilai pretest dan posttes dilakukan sebanyak 2 kali dengan menggunakan soal pilihan
jamak sebanyak 10 soal. N-Gain penguasaan materi selanjutnya dianalisis secara
statistik menggunakan uji t dengan bantuan program SPSS versi 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata postes kelas eksperimen (78,19)
lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (68,75), sehingga rata-rata N-Gain siswa
kelas eksperimen (56,90) lebih besar dari kelas kontrol (45,50). Hal ini tampak dari
hasil uji t1 diperoleh thit (4,776)>ttab (1,994) sehingga Ho ditolak. Berarti rata-rata N-gain
siswa pada kelas eksperimen memiliki perbedaan yang signifikan dengan rata-rata
N-Gain siswa pada kelas kontrol. Kemudian uji t2 diperoleh thit (6,11 3)>ttab (2,030)
sehingga Ho ditolak. Berarti rata-rata N-gain siswa pada kelas eksperimen lebih
tinggi dari pada rata-rata N-gain siswa pada kelas kontrol. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa : (1) penerapan model PBI memberikan pengaruh yang signifikan
terhadap penguasaan materi pokok ekosistem oleh siswa; (2) Penguasaan materi
pokok ekosistem oleh siswa dengan penggunaan model PBI lebih tinggi dari pada
tanpa menggunakan model PBI.
Kata kunci : Model PBI, penguasaan materi, ekosistem.Oktaria Agung 0513024043