Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:11:20ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-15T07:10:04Z2016-01-15T07:10:04Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17941This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/179412016-01-15T07:10:04ZPengaruh Kecanduan Facebook Terhadap Kepuasan Penggunanya
(Studi Pada Pengaruh Fitur Facebook Mahasiswa Reguler dan D3 Fisip
Universitas Lampung)Abstract
Dengan berkembangnya internet, media atau sarana berkomunikasi yang terdapat
dalam internet pun semakin bervariasi, seperti adanya social network sites . Social
network sites adalah situs jasa atau pelayanan yang memperkenankan setiap orang
untuk membuat sebuah profil umum atau semi umum dalam sebuah sistem yang
terikat. Social network sites telah menciptakan cara baru untuk berkomunikasi dan
menyebarkan informasi. Social network sites menyediakan situs-situs untuk
berinteraksi dengan pengguna lainnya. Salah satu situs yang terdapat dalam social
network sites adalah Facebook.
Facebook merupakan social network sites yang paling banyak digunakan di dunia
dan juga di Indonesia. Fenomena Facebook ternyata juga dapat menyebabkan
kecanduan para penggunanya karena di Facebook terdapat fitur-fitur menarik
yang dapat membuat para penggunanya suka mengakses Facebook dalam waktu
yang lama. Para pengguna yang telah kecanduan Facebook seperti memiliki dunia
sendiri dan mulai mengabaikan dunia nyata. Mereka jarang berinteraksi dengan
orang lain di luar Facebook, aktifitas yang mereka jalani semuanya di depan
komputer, sehingga sosialisasi dengan orang-orang di lingkungannya berkurang.
Terkadang para pengguna tidak ragu untuk menghabiskan banyak uang untuk
online di Facebook. Baik online menggunakan warnet ataupun ponsel.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan apakah pengguna Facebook
yang kecanduan telah merasa puas melakukan aktifitas-aktifitas di Facebook?
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan
menggunakan kuesioner yang disebar pada responden. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh mahasiswa reguler dan D3 FISIP Universitas Lampung
sejumlah 2409 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
proporsional random sampling dan didapat 95 mahasiswa sebagai responden.
Dari hasil penelitian, kecanduan Facebook memiliki pengaruh terhadap kepuasan
penggunanya sebesar 0,658 dengan prosentase 65,8%. Hal ini terbukti dengan Thit
6,401 pada taraf nyata 0,05 sedangkan nilai Ttabel 1,987, dengan demikian
hipotesis diterima dan dinyatakan bahwa kecanduan Facebook mempengaruhi
kepuasan penggunanya.Ofa Miantika 05160310122015-07-06T08:30:59Z2015-07-06T08:30:59Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10884This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/108842015-07-06T08:30:59ZPengaruh Kecanduan Facebook Terhadap Kepuasan Penggunanya
(Studi Pada Pengaruh Fitur Facebook Mahasiswa Reguler dan D3 Fisip
Universitas Lampung)Dengan berkembangnya internet, media atau sarana berkomunikasi yang terdapat
dalam internet pun semakin bervariasi, seperti adanya social network sites . Social
network sites adalah situs jasa atau pelayanan yang memperkenankan setiap orang
untuk membuat sebuah profil umum atau semi umum dalam sebuah sistem yang
terikat. Social network sites telah menciptakan cara baru untuk berkomunikasi dan
menyebarkan informasi. Social network sites menyediakan situs-situs untuk
berinteraksi dengan pengguna lainnya. Salah satu situs yang terdapat dalam social
network sites adalah Facebook.
Facebook merupakan social network sites yang paling banyak digunakan di dunia
dan juga di Indonesia. Fenomena Facebook ternyata juga dapat menyebabkan
kecanduan para penggunanya karena di Facebook terdapat fitur-fitur menarik
yang dapat membuat para penggunanya suka mengakses Facebook dalam waktu
yang lama. Para pengguna yang telah kecanduan Facebook seperti memiliki dunia
sendiri dan mulai mengabaikan dunia nyata. Mereka jarang berinteraksi dengan
orang lain di luar Facebook, aktifitas yang mereka jalani semuanya di depan
komputer, sehingga sosialisasi dengan orang-orang di lingkungannya berkurang.
Terkadang para pengguna tidak ragu untuk menghabiskan banyak uang untuk
online di Facebook. Baik online menggunakan warnet ataupun ponsel.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan apakah pengguna Facebook
yang kecanduan telah merasa puas melakukan aktifitas-aktifitas di Facebook?
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan
menggunakan kuesioner yang disebar pada responden. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh mahasiswa reguler dan D3 FISIP Universitas Lampung
sejumlah 2409 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
proporsional random sampling dan didapat 95 mahasiswa sebagai responden.
Dari hasil penelitian, kecanduan Facebook memiliki pengaruh terhadap kepuasan
penggunanya sebesar 0,658 dengan prosentase 65,8%. Hal ini terbukti dengan Thit
6,401 pada taraf nyata 0,05 sedangkan nilai Ttabel 1,987, dengan demikian
hipotesis diterima dan dinyatakan bahwa kecanduan Facebook mempengaruhi
kepuasan penggunanya. Ofa Miantika 0516031012