Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T21:29:10ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-09-07T04:42:14Z2015-09-07T04:42:14Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12484This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/124842015-09-07T04:42:14ZPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN
(POE) TERHADAP PENGUASAAN MATERI DAN AKTIVITAS SISWA
PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MAKANAN
(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMA Swadhipa Natar
Semester Genap T. P 2011/2012)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh penggunaan model
pembelajaran Predict, Observe, And Explain (POE) terhadap penguasaan materi
pada materi pokok Sistem Pencernaan Makanan oleh siswa SMA Swadhipa Natar,
(2) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Predict, Observe, And Explain
(POE) terhadap aktivitas belajar siswa pada materi pokok Sistem Pencernaan
Makanan oleh siswa SMA Swadhipa Natar.
Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretest postest non
equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA
eksperimen dan kelas XI IPA
1
ii
2
sebagai kelas
sebagai kelas kontrol yang dipilih dari populasi
secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan
kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, rata-rata nilai
postest, dan rata-rata nilai N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan
uji-t pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa
yang diambil dengan menggunakan lembar observasi dan dianalisis secara
deskriptif.
Adhitian
Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen sebesar
55,50 sedangkan pada kelas kontrol 43,83. Nilai rata-rata postest pada kelas
eksperimen sebesar 84,83 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 62,50. Nilai rata-
rata N-gain penguasaan materi siswa pada kelas eksperimen sebesar 66,42%
sedangkan pada kelas kontrol sebesar 28,64%.
Pada hasil penelitian ini juga menilai aktivitas belajar siswa yang terdiri dari 5
aspek yaitu memprediksi, mengamati, menjelaskan, bekerja sama, dan membuat
kesimpulan. Hasil dari kelima aspek tersebut memperoleh nilai yang berbeda-beda
yakni aspek memprediksi pada kelas ekperimen memperoleh nilai 82,59%
sedangkan pada kelas kontrol 54,44%, aspek mengamati pada kelas ekperimen
80,74% sedangkan pada kelas kontrol 61,48%, aspek menjelaskan pada kelas
ekperimen 85,19% sedangkan pada kelas kontrol 60,74% , aspek bekerja sama
pada kelas eksperimen 80,37% sedangkan pada kelas kontrol 57,78%, dan yang
terkahir adalah aspek membuat kesimpulan pada kelas eksperimen 80%
sedangkan pada kelas kontrol 64,08%. Jadi, pada kelas eksperimen aspek
tertingginya adalah menjelaskan sebesar 85,19% dan aspek terendahnya adalah
membuat kesimpulan sebesar 80%. Sedangkan pada kelas kontrol aspek
tertingginya adalah membuat kesimpulan sebesar 64,08% dan aspek terendahnya
adalah memprediksi sebesar 54,44%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Predict,
Observe, And Explain (POE) meningkatkan penguasaan materi dan aktivitas
siswa pada materi pokok Sistem Pencernaan Makanan sehingga model
pembelajaran Predict, Observe, And Explain (POE) berpengaruh terhadap
iii
Adhitian
penguasaan materi dan aktivitas siswa pada materi pokok Sistem Pencernaan
Makanan pada Kelas XI SMA Swadhipa Natar.ADHITIAN 0543024001