Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:37:54ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-18T07:12:05Z2015-12-18T07:12:05Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15832This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/158322015-12-18T07:12:05ZIMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MITIGASI ERUPSI GUNUNG API
MELALUI MODEL SIKLUS BELAJAR INDOOR DAN OUTDOOR BAGI
SISWA SMP NEGERI 1 KALIANDA TAHUN PELAJARAN 2010-2011Indonesia merupakan negara kepulauan tempat dimana tiga lempeng besar dunia
bertemu sehingga memiliki aktifitas kegunungapian dan kegempaan yang cukup
tinggi. Lampung merupakan wilayah di Indonesia yang tidak luput dari pengaruh
gunung berapi. Upaya mitigasi bencana alam tersebut sebaiknya dilakukan sejak
dini dengan menyisipkan materi bencana alam kebumian pada pelajaran IPA di
SMP.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar mitigasi erupsi gunung
api aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa yang belajar mitigasi erupsi
gunung api Indoor, Outdoor dan kombinasi keduanya. Pembelajaran ini
menggunakan model Learning Cycle dengan metode Role Playing. Subjek
penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Kalianda Lampung Selatan kelas IX6
sebagai kelas Indoor, IX5 sebagai kelas Outdoor, dan IX3 sebagai kelas kombinasi
Indoor-Outdoor. Penelitian ini menghasilkan tiga hasil belajar yaitu kognitif,
afektif, dan psikomotorik.
Arly Saptoly
Nilai rata-rata aspek kognitif kelas Indoor, Outdoor dan kombinasi Indoor-Outdoor
secara berturut-turut sebesar 78, 79, dan 87. Hasil belajar aspek kognitif pada kelas
kombinasi memiliki nilai rata-rata lebih tinggi daripada kelas Indoor atau Outdoor
saja. Hasil yang di dapat pada aspek afektif setelah dilakukan uji analisis adalah
tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Indoor, Outdoor dan
kombinasi Indoor-Outdoor. Sedangkan nilai rata-rata aspek psikomotorik kelas
Indoor, Outdoor, dan kombinasi Indoor-Outdoor secara berturut-turut sebesar 73,
81, dan 87. Sehingga hasil belajar psikomotorik kelas kombinasi lebih tinggi
daripada kelas Indoor atau Outdoor saja. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
mitigasi erupsi vulkanik pada kelas kombinasi Indoor-Outdoor lebih baik daripada
kelas Indoor atau kelas Outdoor saja.
Kata kunci: kelas perlakuan, hasil belajar, siklus belajar
Indonesia is an archipelago country; where there are three big plates converge so it
has high enough activities of volcanic and seismicity. Lampung province is an
Indonesia area influenced by volcano. The effort of disaster mitigation is better
done early by inserting earth disaster topic on Science in Junior High School.
Objective of this research is to describe the study result of volcano eruption
mitigation from the students’ cognitive, affective, and psychomotor aspects who
learn Indoor, Outdoor mitigation of volcano eruption, and both of combination.
This learning process uses Role Playing in Learning Cycle model. The subject of
this research is the students of SMP Negeri 1 Kalianda South Lampung class of IX6
as Indoor class, IX5 as Outdoor class, and IX3 as combination of Indoor – Outdoor
class. This research produces three result of the study, they are cognitive, affective,
and psychomotor.
Arly Saptoly
The average of cognitive aspect on Indoor, Outdoor, and Indoor – Outdoor
combination class respectively are 78, 79, and 87. Cognitive aspect on combination
class has higher average score than Indoor or Outdoor class only. The result of
affective aspect after analysis test is there is no signification difference among
study result of Indoor, Outdoor, and Indoor – Outdoor. Meanwhile, average score
of psychomotor aspect on Indoor, Outdoor, and Indoor – Outdoor combination
class respectively are 73, 81, and 87. So the result of psychomotor 73, 81, and 87
then psychomotor study result of combination class is higher than Indoor or
Outdoor class only. It can conclude that volcanic eruption mitigation learning on
Indoor – Outdoor combination class is better than Indoor or Outdoor class only.
Key words: treatment class, study result, learning cycleArly Saptoly 0613022018