Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:53:34ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-15T04:08:57Z2016-01-15T04:08:57Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18038This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/180382016-01-15T04:08:57ZPENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DALAM
KELOMPOK PRAKTIKUM DAN PRESTASI
BELAJAR FISIKA SISWARendahnya hasil belajar siswa mengindikasikan belum optimalnya pembelajaran
yang dilakukan. Hal ini dilihat dari hasil belajar fisika siswa SMA N 13 Bandar
Lampung kelas X
6
masih rendah yaitu 58,5 dan nilai praktek fisika 59,5, sedangkan
standar nilai KKM yang ditetapkan untuk kelas X adalah 60
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana partisipasi siswa dalam
kelompok praktikum dengan pembelajaran berbasis masalah, (2) bagaimana
peningkatan prestasi belajar fisika siswa dalam kelompok praktikum dengan
pembelajaran berbasis masalah. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan
partisipasi siswa dalam kelompok praktikum dengan pembelajaran berbasis masalah,
(2) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa dalam kelompok praktikum
pembelajaran berbasis masalah.
Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa (1) partisipasi siswa dalam
Fitria Budiani
kelompok praktikum meningkat dari siklus pertama 10.53% menjadi 36.84% atau
mengalami peningkatan 26.31% pada siklus kedua dan menjadi 71.05% atau
mengalami peningkatan 34.21% pada siklus ketiga (2) prestasi belajar siswa
meningkat dari siklus siklus pertama 55.26% menjadi 81.58% atau mengalami
peningkatan 26.32% pada siklus kedua dan meningkat menjadi 84.21% atau
mengalami peningkatan 2.63% pada siklus ketiga.
Kata kunci: berbasis masalah, partisipasi, prestasi beFITRIA BUDIANI 0613022030