Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:31:52ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-10T04:06:22Z2015-12-10T04:06:22Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15471This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/154712015-12-10T04:06:22ZPENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI KIMIA DAN LKS PRAKTIKUM
BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI
POKOK KESETIMBANGAN KIMIA SISWA KELAS XI IPABerdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan pada beberapa sekolah di Bandar
Lampung, diketahui bahwa selama ini pada proses pembelajaran sains termasuk
kimia, kebanyakan siswa dituntut untuk lebih banyak mempelajari konsep-konsep
dan prinsip-prinsip sains secara verbal dan bersifat menghapal, sehingga siswa
pada umumnya hanya mengenal banyak peristilahan sains secara hapalan tanpa
makna. Oleh karena itu, peneliti merancang penelitian dengan mengembangkan
LKS dan media animasi kimia berbasis keterampilan generik sains. Media
semacam ini sangat dibutuhkan untuk melatih siswa agar selalu berfikir dan
bertindak sesuai kemampuan sainsnya.
Tujuan penelitian ini adalah membuat LKS dan media animasi kimia berbasis
keterampilan generik sains dan menentukan (1) tingkat keterbacaan dan
keterlaksanaan LKS dan animasi kimia berbasis keterampilan generik sains pada
materi pokok kesetimbangan kimia; (2) peningkatan keterampilan generik sains
siswa setelah penggunaan LKS dan media animasi kimia berbasis keterampilan
generik sains pada materi pokok kesetimbangan kimia.
Uji coba terbatas dalam penelitian ini dilakukan terhadap 31 orang siswa kelas XI
IPA1 SMAN 16 Bandar Lampung. Penelitian dibagi menjadi 3 tahap yaitu: tahap
persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis data. Metode yang digunakan
Bambang surya
tahap pelaksanaan (uji coba terbatas) adalah kuasi eksperimen dengan one group
pre-test and post-test. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dengan
menggunakan teknik penskoran.
Berdasarkan hasil yang diperoleh, tingkat keterabacaan dan keterlaksanaan media
animasi kimia dan LKS praktikum masing-masing memiliki kriteria tinggi, artinya
sebagian besar siswa mampu menyerap pesan yang terkandung dalam LKS dan
animasi kimia yang telah diterapkan dan mampu melaksanakan pembelajaran
menggunakan LKS dengan baik.
Peningkatan keterampilan generik sains siswa ditunjukkan dari nilai gain sebesar
0,94 untuk bahasa simbolik dengan kriteria tinggi, 0,70 untuk hukum sebab
akibat dengan kriteria tinggi, 0,55 untuk pemodelan matematika dengan kriteria
sedang, dan 0,70 untuk membangun konsep dengan kriteria tinggi.BAMBANG SURYA 0613023001