Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T21:57:16ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-26T04:17:38Z2016-01-26T04:17:38Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20162This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/201622016-01-26T04:17:38ZPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI
UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN
KONSEP HIDROKARBON
(PTK Pada Siswa Kelas X2 SMAN 15 Bandar Lampung TP 2009-2010)Berdasarkan observasi, diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata pada konsep
hidrokarbon kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2008-2009
adalah 60. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran kimia kelas X yang
ditentukan adalah 100% siswa mendapat nilai ≥ 61, pada kenyataannya hanya 60%
siswa mendapat nilai ≥ 61. Aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran (on
task) rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
konsep hidrokarbon adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif
tipe TAI (Team Asissted Individualization).
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif
tipe TAI dalam meningkatkan persentase rata-rata : (1) tiap jenis aktivitas on task
siswa; (2) penguasaan konsep siswa dari siklus ke siklus.ILA ZAKHIYA AMALINA 06130230052016-01-15T04:11:03Z2016-01-15T04:11:03Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18067This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/180672016-01-15T04:11:03ZPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI
UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN
KONSEP HIDROKARBON
(PTK Pada Siswa Kelas X2 SMAN 15 Bandar Lampung TP 2009-2010)Berdasarkan observasi, diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata pada konsep
hidrokarbon kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2008-2009
adalah 60. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran kimia kelas X yang
ditentukan adalah 100% siswa mendapat nilai ≥ 61, pada kenyataannya hanya 60%
siswa mendapat nilai ≥ 61. Aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran (on
task) rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
konsep hidrokarbon adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif
tipe TAI (Team Asissted Individualization).
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif
tipe TAI dalam meningkatkan persentase rata-rata : (1) tiap jenis aktivitas on task
siswa; (2) penguasaan konsep siswa dari siklus ke siklus.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus.
Data penelitian ini terdiri dari data kualitatif, yaitu data aktivitas on task siswa
Ila Zakhiya Amalina
yang diperoleh dari lembar observasi, serta data kuantitatif berupa nilai
penguasaan konsep hidrokarbon yang diperoleh melalui tes formatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe TAI meningkatan persentase rata-rata : (1) tiap jenis aktivitas on task siswa
dari siklus I ke siklus II yaitu (a) berdiskusi aktif dalam kelompok sebesar 1 9,17%;
(b) mengisi LKS sebesar 19,23%; (c) bertanya pada guru sebesar 8,97%; dan (d)
membuat kesimpulan sebesar 5,68%; peningkatan dari siklus II ke siklus III yaitu
(a) berdiskusi aktif dalam kelompok sebesar 15,54%; (b) mengisi LKS sebesar
8,80%; (c) bertanya pada guru sebesar 4,63%; dan (d) membuat kesimpulan
sebesar 4,36%. (2) penguasaan konsep siswa dari siklus I ke siklus II sebesar
6,61%, sedangkan dari siklus II ke siklus II sebesar 7,33%.
Kata kunci : model pembelajaran kooperatif tipe TAI, aktivitas on task dan
penguasaan konsep, hidrokarbon.ILA ZAKHIYA AMALINA 06130230052015-10-22T09:37:24Z2015-10-22T09:37:24Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13276This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/132762015-10-22T09:37:24ZPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI
UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN
KONSEP HIDROKARBONBerdasarkan observasi, diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata pada konsep
hidrokarbon kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2008-2009
adalah 60. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran kimia kelas X yang
ditentukan adalah 100% siswa mendapat nilai 61, pada kenyataannya hanya 60%
siswa mendapat nilai 61. Aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran (on
task) rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
konsep hidrokarbon adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif
tipe TAI (Team Asissted Individualization).
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif
tipe TAI dalam meningkatkan persentase rata-rata : (1) tiap jenis aktivitas on task
siswa; (2) penguasaan konsep siswa dari siklus ke siklus.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus.
Data penelitian ini terdiri dari data kualitatif, yaitu data aktivitas on task siswa
yang diperoleh dari lembar observasi, serta data kuantitatif berupa nilai
penguasaan konsep hidrokarbon yang diperoleh melalui tes formatif.
Ila Zakhiya Amalina
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe TAI meningkatan persentase rata-rata : (1) tiap jenis aktivitas on task siswa
dari siklus I ke siklus II yaitu (a) berdiskusi aktif dalam kelompok sebesar 19,17%;
(b) mengisi LKS sebesar 19,23%; (c) bertanya pada guru sebesar 8,97%; dan (d)
membuat kesimpulan sebesar 5,68%; peningkatan dari siklus II ke siklus III yaitu
(a) berdiskusi aktif dalam kelompok sebesar 15,54%; (b) mengisi LKS sebesar
8,80%; (c) bertanya pada guru sebesar 4,63%; dan (d) membuat kesimpulan
sebesar 4,36%. (2) penguasaan konsep siswa dari siklus I ke siklus II sebesar
6,61%, sedangkan dari siklus II ke siklus II sebesar 7,33%.ILA ZAKHIYA AMALINA 0613023005