Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:42:36ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-11-20T01:47:56Z2015-11-20T01:47:57Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14406This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/144062015-11-20T01:47:56ZPENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP
PADA POKOK BAHASAN HUKUM – HUKUM DASAR KIMIA
DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION
(PTK Pada Kelas XM1 SMK Kosgoro Bandar Sribhawono TP 2010-2011)Abstrak
Berdasarkan observasi, diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata ulangan harian
pada materi pokok ikatan kimia kelas XM1 SMK Kosgoro Bandar Sribhawono
Tahun Pelajaran 2010-2011 adalah 63,87. Kriteria ketuntasan minimal (KKM)
mata pelajaran kimia kelas X adalah 100% siswa mendapat nilai ≥ 66, pada
kenyataannya hanya 53,12% siswa mendapat nilai ≥ 66. Aktivitas siswa yang
relevan dengan pembelajaran (on task) rendah. Berdasarkan distribusi sebaran nilai
rata-rata, terdapat 7 siswa yang mempunyai kemampuan akademik yang sangat
tinggi, sehingga diperlukan penerapan model pembelajaran yang memungkinkan
siswa pandai tersebut berperan sebagai asisten dalam kelompok yang bertugas
membimbing teman dalam kelompoknya agar terjadi interaksi antar siswa sehingga
siswa dapat bersama-sama membahas materi yang dipelajari. Untuk itulah dipilih
model pembelajaran kooperatif tipe TAI.
Lailatul Haniah
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif
tipe TAI dalam meningkatkan: (1) aktivitas on task; (2) penguasaan konsep; (3)
ketuntasan belajar.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus.
Data penelitian terdiri dari data kualitatif, yaitu data aktivitas on task siswa yang
diperoleh dari lembar observasi, serta data kuantitatif berupa nilai penguasaan
konsep materi hukum-hukum dasar kimia yang diukur melalui tes formatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe TAI meningkatan persentase: (1) aktivitas on task siswa dari siklus I ke siklus II
(a) aktif berdiskusi sebesar 14,06% (b) menjawab pertanyaan sebesar 3,12% (c)
mengajukan pertanyaan sebesar 7,2% dan (d) mengemukakan pendapat sebesar
10,94% (2) penguasaan konsep siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 7,62%.
Kata kunci : kooperatif tipe TAI, aktivitas on task, penguasaan konsep, hukumhukum dasar kimiaLailatul Haniah 0613023006