Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:36:20ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-15T04:09:40Z2016-01-15T04:09:40Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18042This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/180422016-01-15T04:09:40ZPENGEMBANGAN LKS BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS
PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON
ELEKTROLITBerdasarkan hasil wawancara terhadap 12 guru kimia pada berbagai SMA di Bandar
Lampung diperoleh informasi bahwa 91,7% belum menggunakan Lembar Kerja
Siswa (LKS) dan 8,3% telah menggunakan LKS, namun LKS yang digunakan belum
dirancang berdasarkan indikator keterampilan generik sains. Oleh karena itu, perlu
dirancang LKS berbasis keterampilan generik sains pada materi pokok larutan
elektrolit dan non elektrolit..
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKS berbasis KGS dan mengetahui
(1) tingkat keterbacaan dan keterlaksanaan LKS; (2) peningkatan keterampilan
generic sains setelah menggunakan LKS berbasis KGS. Jenis penelitian adalah
penelitian pengembangan yang mengacu pada alur pengembangan Media
Instruksional (Sadiman, 1996). Tahapan penelitian yang telah dilaksanakan dimulai
dari analisis kebutuhan sampai dengan revisi LKS kedua. Uji ahli dilakukan oleh dua
Dian Putri Anggreni
orang dosen dan dua orang guru kimia sedangkan uji coba terbatas dilaksanakan di
SMA Arjuna Bandar Lampung terhadap 25 siswa kelas X.3, metode yang digunakan
adalah kuasi eksperimen dengan one group pre-test and post-test.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) LKS kimia berbasis keterampilan generik sains
mempunyai persentase tingkat keterbacaan yaitu 77,1% dan tingkat keterlaksanaan
yaitu 75,29% dengan kriteria tinggi, artinya sebagian besar siswa mampu menyerap
isi pesan dan melaksanakan LKS dengan baik. (2) peningkatan keterampilan generik
sains untuk (a) bahasa simbolik 0,5; (b) hukum sebab akibat 0,49; (c) pengamatan tak
langsung 0,44; (d) membangun konsep 0,44 yang menurut Hake keempatnya
berkriteria sedang. (3) Tanggapan siswa dan guru mengenai LKS yang
dikembangkan adalah (a) keunggulannya menurut siswa yaitu dapat terlibat langsung
dalam kegiatan pembelajaran dan lebih mudah melakukan percobaan, sedangkan
menurut guru dapat membantu untuk melatihkan keterampilan generik sains siswa;
(b) kelemahannya menurut siswa yaitu kurangnya ilustrasi gambar pendukung materi
sedangkan menurut guru mahalnya biaya yang diperlukan untuk mencetak LKS yang
dikembangkan.DIAN PUTRIANGGRENI 0613023021