Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:58:04ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-14T02:39:44Z2016-01-14T02:39:44Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17435This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/174352016-01-14T02:39:44ZPENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI SARANA
BELAJAR MANDIRI BAGI SISWA SMA YANG BELUM MENCAPAI
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL BIOLOGIAbstrak
Pembelajaran remedial sangat penting untuk dilakukan agar siswa dapat mencapai
KKM materi Biologi. Namun, kenyataannya pembelajaran remedial belum
terlaksana dengan baik karena keterbatasan waktu guru untuk menjelaskan
kembali materi-materi yang belum dipahami siswa. Oleh karena itu, diperlukan
sarana belajar mandiri yang dapat membantu siswa dalam mencapai Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan
produk multimedia interaktif tentang Sistem Regulasi yang sesuai digunakan
untuk pembelajaran remedial secara mandiri.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap 2009/2010 di SMA YP UNILA
Bandar Lampung kelas XI melalui tiga tahap yaitu studi kasus, pengembangan
dan evaluasi. Produk diuji oleh ahli materi, ahli desain, uji satu-satu, dan uji
kelompok kecil. Data bentuk multimedia interaktif yang sesuai bagi siswa dan
tanggapan siswa terhadap penggunaan multimedia interaktif dikumpulkan
menggunakan angket dan wawancara. Data efektivitas multimedia interaktif
diperoleh melalui hasil ulangan remedial siswa.
Hasil pengembangan berupa CD Multimedia Interaktif Sistem Regulasi (MISR)
yang sesuai sebagai sarana belajar mandiri bagi siswa menghadapi ulangan
remedial. MISR berisi teks materi, gambar ilustrasi, animasi, latihan dan
pembahasan, glosarium dan daftar pustaka, serta pedoman penggunaan MISR bagi
siswa. Siswa tertarik terhadap bentuk dan penerapan MISR sebagai sarana belajar
mandiri dalam menghadapi ulangan remedial. Pembelajaran dengan MISR dapat
membantu siswa mencapai KKM secara efektif.
Kata kunci : pembelajaran remedial, KKM, multimedia interaktif, efektifitas.ISMI RAKHMAWATI 0613024029