Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T08:20:14ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-29T19:59:04Z2016-01-29T19:59:04Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20624This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/206242016-01-29T19:59:04ZPENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS
EDUCATION SISWA KELAS VB SEKOLAH DASAR
NEGERI 02 METRO TIMUR TAHUN
PELAJARAN 2009/2010Abstrak
Berdasarkan hasil observasi di kelas Vb SDN 02 Metro Timur
menunjukkan masih rendahnya aktivitas dan pemahaman matematika siswa
selama proses pembelajaran. Siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal
(56) berdasarkan hasil ujian semester ganjil Tahun Pelajaran 2009/2010 baru
mencapai 57,14%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kegiatan
pembelajaran belum maksimal, maka diperlukan upaya untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar matematika siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa yang
berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa menggunakan pendekatan
Realistics Mathematic Education (RME). Penelitian ini dilaksanakan di kelas Vb
SDN 02 Metro Timur Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa sebanyak
36 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus, setiap siklus meliputi:
perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan
hasil belajar siswa. Persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I, II,
dan III berturut-turut sebesar 68,3 % (cukup aktif) ; 76,8 % (aktif) ; dan 77,8 %
(aktif), yang berarti telah terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 8,5%
pada siklus II dan 1% pada siklus III. Persentase tingkat ketuntasan hasil belajar
siswa pada siklus I, II, dan III berturut-turut sebesar 42%, 69%, dan 86%, yang
berarti telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 27% pada siklus II dan
17 % pada siklus III. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
dengan pendekatan RME dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang
berdampak pada meningkatnya hasil belajar matematika siswa kelas Vb SDN 02
Metro Timur Tahun Pelajaran 2009/2010.Miramto 0613030412016-01-14T02:59:19Z2016-01-14T02:59:19Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17126This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/171262016-01-14T02:59:19ZPENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS
EDUCATION SISWA KELAS VB SEKOLAH DASAR
NEGERI 02 METRO TIMUR TAHUN
PELAJARAN 2009/2010Berdasarkan hasil observasi di kelas Vb SDN 02 Metro Timur
menunjukkan masih rendahnya aktivitas dan pemahaman matematika siswa
selama proses pembelajaran. Siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal
(56) berdasarkan hasil ujian semester ganjil Tahun Pelajaran 2009/2010 baru
mencapai 57,14%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kegiatan
pembelajaran belum maksimal, maka diperlukan upaya untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar matematika siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa yang
berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa menggunakan pendekatan
Realistics Mathematic Education (RME). Penelitian ini dilaksanakan di kelas Vb
SDN 02 Metro Timur Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa sebanyak
36 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus, setiap siklus meliputi:
perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan
hasil belajar siswa. Persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I, II,
dan III berturut-turut sebesar 68,3 % (cukup aktif) ; 76,8 % (aktif) ; dan 77,8 %
(aktif), yang berarti telah terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 8,5%
pada siklus II dan 1% pada siklus III. Persentase tingkat ketuntasan hasil belajar
siswa pada siklus I, II, dan III berturut-turut sebesar 42%, 69%, dan 86%, yang
berarti telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 27% pada siklus II dan
17 % pada siklus III. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
dengan pendekatan RME dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang
berdampak pada meningkatnya hasil belajar matematika siswa kelas Vb SDN 02
Metro Timur Tahun Pelajaran 2009/2010.Miramto 061303041