Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:11:13ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-04-28T02:14:08Z2015-10-19T04:15:36Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9120This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91202015-04-28T02:14:08ZSTUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU (EKONOMI)SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MEDIA
POWERPOINT DENGAN SISWAYANG DIBELAJARKAN
TANPA MEDIA POWERPOINT PADA
PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE STAD
(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 21
Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010)Hasil belajar merupakan hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak
mengajar. Hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Bandar
Lampung tahun pelajaran 2009/2010 masih sangat rendah. Hal ini dapat dilihat
pada data hasil UTS semester ganjil mata pelajaran IPS Terpadu. Untuk
meningkatkan hasil belajar siswa perlu digunakan media dan model pembelajaran
yang sesuai yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar IPS
Terpadu (ekonomi)antara siswa yang dibelajarkan menggunakan media
powerpoint pada pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang
dibelajarkan tanpa media powerpoint. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi
penelitian ini berjumlah 234 orang siswa dengan jumlah sampel sebanyak 78
orang. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah cluster random sampling.
Data diperoleh melalui tes saat awal pembelajaran (pre-test) dan akhir
pembelajaran (post-test). Pengujian hipotesis menggunakan t-test dengan rumus
separated varians.
Berdasarkan hasil uji statistik yang dilakukan menggunakan uji t test, ternyata
t
hitung
= 2,48 dan t
demikian t
hitung
>t
tabel
tabel
= t
(0,05/2) (dk=39+39-2)
= 1,99 (hasil interpolasi). Dengan
atau 2,48 >1,99 maka H
o
ditolak dan H
a
Lia Evita
diterima. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu (ekonomi)
antara siswa yang dibelajarkan menggunakan media powerpoint dengan siswa
yang dibelajarkan tanpa media powerpoint pada pembelajaran kooperatif tipe
STAD. Dimana hasil belajar siswa yang menggunakan media powerpoint
(80,256) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan tanpa media
powerpoint dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD (71,795).
Kata kunci: Hasil Belajar, Media Powerpoint dan Model Pembelajaran
Kooperatif tipe STADLia Evita 0613031003