Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:43:45ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-04-28T02:14:21Z2015-10-19T04:16:11Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9123This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91232015-04-28T02:14:21ZUPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS
EKONOMI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN
CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL)PADA
SISWA KELAS VIII
SEMESTER GANJIL
SMP NEGERI 2 PRINGSEWU TAHUN
5
PELAJARAN 2009/2010Salah satu faktor penyebab masih belum optimalnya hasil belajar IPS ekonomi
siswa kelas VIII
5
SMP Negeri 2 Pringsewu adalah rendahnya aktivitas siswa
dalam proses belajar mengajar, di mana dalam proses tersebut siswa cenderung
kurang aktif dalam belajar. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu alternatif untuk
mengembangkan pembelajaran. Alternatif itu antara lain melalui pendekatan
pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). Pendekatan dalam
pembelajaran tersebut diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
IPS ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)peningkatan
aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan penerapan pendekatan
pembelajaran CTL pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII
2 Pringsewu Tahun Pelajaran 2009/2010, dan 2) peningkatan hasil belajar siswa
selama proses pembelajaran dengan penerapan pendekatan pembelajaran CTL
pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII
Pelajaran 2009/2010.
5
5
Kukuh Prihandoko
di SMP Negeri
di SMP Negeri 2 Pringsewu Tahun
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII
5
Kukuh Prihandoko
SMP Negeri 2 Pringsewu semester
ganjil pada pembelajaran kelangkaan, pelaku pasar serta pasar tahun pelajaran
2009/2010, dengan jumlah siswa 37 orang yang terdiri dari 15 orang siswa laki-
laki dan 22 orang siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan model penelitian
tindakan kelas dengan empat tahap yaitu (1) perencanaan (planning), (2) tindakan
(acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Data penelitian
ini dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas siswa, pengelolaan
pembelajaran, dan hasil belajar siswa yang terdiri dari 3 siklus dan diperoleh dari
tes setiap akhir siklus.
Hasil penelitian dan pengamatan diperoleh: 1) rata-rata aktivitas siswa yang
dikategorikan aktif pada siklus I sebesar 58,11%; pada siklus II sebesar 70,27%;
pada siklus III sebesar 82,43%. Selisih peningkatan setiap siklusnya yaitu dari
siklus I ke siklus II sebesar 12,16%; dari siklus II ke siklus III sebesar 12,16%;
dan dari siklus I ke siklus III sebesar 24,32%. Berdasarkan data yang diperoleh
ternyata aktivitas siswa pada setiap siklusnya mengalami peningkatan;
2) nilai rata-rata kelas siswa pada siklus I adalah 52,57, pada siklus II sebesar
59,73, dan pada siklus III sebesar 68,92. Kemudian persentase siswa yang
memperoleh nilai ≥ 65 pada siklus I adalah 21,62%, siklus II sebesar 37,84%, dan
siklus III sebesar 91,89%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui pendekatan
pembelajaran CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata
pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII
2009/2010.
5
di SMP Negeri 2 Pringsewu Tahun Pelajaran
Kata kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, dan Pendekatan Kontekstual. Kukuh Prihandoko 0613031024