Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:24:03ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-22T04:36:49Z2016-01-22T04:36:49Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18882This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/188822016-01-22T04:36:49ZPERANAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN
SIKAP TANGGUNGJAWAB WARGA NEGARA PADA SISWA
KELAS VIII SMPN 1 NEGARA BATIN KABUPATEN WAY KANAN
TAHUN PELAJARAN 2010Abstrak
Mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang
memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu
melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia
yang cerdas, trampil dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD
1945. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimankah peranan
aktivitas belajar pad mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dalam
pembentukan sikap tanggungjawab warga negara pada siswa kelas VIII SMPN 1
Negara Batin. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang peranan
aktivitas belajar pada mata pelajaran PKn dalam pembentukan sikap
tanggungjawb warga negara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif karena
penelitian ini bertujuan untuk memaparkan suatu fakta, data, tentang peranan
aktivitas belajar pada mata pelajaran PKn dalam pembentukan sikap
tanggungjawab warga negara pada siswa kelas VIII SMPN 1 Negara Batin
Kabupaten Way Kanan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 148 responden.
Sedangkan sampel pada penelitian ini sebanya 37 responden. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket dan wawancara
terhadap siswa kelas VIII.
Berdasarkan analisis data pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
peranan aktivitas belajar pada mata pelajaran PKn dalam pembentukan sikap
pembentukan tanggungjawab warga negara mempunyai pengaruh yang erat.
Dalam hal ini dapat dilihat dari Hasil X2 hitung = 36,25 kemudian dikonsultasikan
dengan tabel chi-kuadrat pada derajat kebebasan = 4 maka diperoleh X2 tabel =
9,49 dengan demikian X2 hitung lebih besar dari X2 tabel (X2 hit > X2 tab) yaitu
36,25 > 13,3. Serta mempunyai derajat pengaruh antara variabel dalam kategori
tinggi dengan koefisien Chit = 0,70 dan koefisien Cmax = 0,812 terletak pada
pengaruh 0,83 koefisien tinggi.
Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang erat antara
peranan aktivitas belajar pada mata pelajaran PKn terhadap pembentukan sikap
tanggung jawab warga negara pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Negara Batin
tahun pelajaran 2009 / 2010.PURILEILA 06130320352016-01-21T03:35:27Z2016-01-21T03:35:27Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18439This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/184392016-01-21T03:35:27ZPERANAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN
SIKAP TANGGUNGJAWAB WARGA NEGARA PADA SISWA
KELAS VIII SMPN 1 NEGARA BATIN KABUPATEN WAY KANAN
TAHUN PELAJARAN 2010Mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang
memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu
melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia
yang cerdas, trampil dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD
1945. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimankah peranan
aktivitas belajar pad mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dalam
pembentukan sikap tanggungjawab warga negara pada siswa kelas VIII SMPN 1
Negara Batin. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang peranan
aktivitas belajar pada mata pelajaran PKn dalam pembentukan sikap
tanggungjawb warga negara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif karena
penelitian ini bertujuan untuk memaparkan suatu fakta, data, tentang peranan
aktivitas belajar pada mata pelajaran PKn dalam pembentukan sikap
tanggungjawab warga negara pada siswa kelas VIII SMPN 1 Negara Batin
Kabupaten Way Kanan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 148 responden.
Sedangkan sampel pada penelitian ini sebanya 37 responden. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket dan wawancara
terhadap siswa kelas VIII.
Berdasarkan analisis data pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
peranan aktivitas belajar pada mata pelajaran PKn dalam pembentukan sikap
pembentukan tanggungjawab warga negara mempunyai pengaruh yang erat.
Dalam hal ini dapat dilihat dari Hasil X2 hitung = 36,25 kemudian dikonsultasikan
dengan tabel chi-kuadrat pada derajat kebebasan = 4 maka diperoleh X2 tabel =
9,49 dengan demikian X2 hitung lebih besar dari X2 tabel (X2 hit > X2 tab) yaitu
36,25 > 13,3. Serta mempunyai derajat pengaruh antara variabel dalam kategori
tinggi dengan koefisien Chit = 0,70 dan koefisien Cmax = 0,812 terletak pada
pengaruh 0,83 koefisien tinggi.
Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang erat antara
peranan aktivitas belajar pada mata pelajaran PKn terhadap pembentukan sikap
tanggung jawab warga negara pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Negara Batin
tahun pelajaran 2009 / 2010.PURILEILA 06130320352016-01-21T03:26:07Z2016-01-21T03:26:07Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18425This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/184252016-01-21T03:26:07ZPERANAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN
SIKAP TANGGUNGJAWAB WARGA NEGARA PADA SISWA
KELAS VIII SMPN 1 NEGARA BATIN KABUPATEN WAY KANAN
TAHUN PELAJARAN 2010Mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang
memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu
melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia
yang cerdas, trampil dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD
1945. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimankah peranan
aktivitas belajar pad mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dalam
pembentukan sikap tanggungjawab warga negara pada siswa kelas VIII SMPN 1
Negara Batin. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang peranan
aktivitas belajar pada mata pelajaran PKn dalam pembentukan sikap
tanggungjawb warga negara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif karena
penelitian ini bertujuan untuk memaparkan suatu fakta, data, tentang peranan
aktivitas belajar pada mata pelajaran PKn dalam pembentukan sikap
tanggungjawab warga negara pada siswa kelas VIII SMPN 1 Negara Batin
Kabupaten Way Kanan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 148 responden.
Sedangkan sampel pada penelitian ini sebanya 37 responden. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket dan wawancara
terhadap siswa kelas VIII.
Berdasarkan analisis data pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
peranan aktivitas belajar pada mata pelajaran PKn dalam pembentukan sikap
pembentukan tanggungjawab warga negara mempunyai pengaruh yang erat.
Dalam hal ini dapat dilihat dari Hasil X2 hitung = 36,25 kemudian dikonsultasikan
dengan tabel chi-kuadrat pada derajat kebebasan = 4 maka diperoleh X2 tabel =
9,49 dengan demikian X2 hitung lebih besar dari X2 tabel (X2 hit > X2 tab) yaitu
36,25 > 13,3. Serta mempunyai derajat pengaruh antara variabel dalam kategori
tinggi dengan koefisien Chit = 0,70 dan koefisien Cmax = 0,812 terletak pada
pengaruh 0,83 koefisien tinggi.
Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang erat antara
peranan aktivitas belajar pada mata pelajaran PKn terhadap pembentukan sikap
tanggung jawab warga negara pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Negara Batin
tahun pelajaran 2009 / 2010.PURILEILA 06130320352015-12-08T08:59:41Z2015-12-08T08:59:41Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15395This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/153952015-12-08T08:59:41ZPERANAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN
SIKAP TANGGUNGJAWAB WARGA NEGARA PADA SISWA
KELAS VIII SMPN 1 NEGARA BATIN KABUPATEN WAY KANAN
TAHUN PELAJARAN 2010Mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang
memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu
melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia
yang cerdas, trampil dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD
1945. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimankah peranan
aktivitas belajar pad mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dalam
pembentukan sikap tanggungjawab warga negara pada siswa kelas VIII SMPN 1
Negara Batin. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang peranan
aktivitas belajar pada mata pelajaran PKn dalam pembentukan sikap
tanggungjawb warga negara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif karena
penelitian ini bertujuan untuk memaparkan suatu fakta, data, tentang peranan
aktivitas belajar pada mata pelajaran PKn dalam pembentukan sikap
tanggungjawab warga negara pada siswa kelas VIII SMPN 1 Negara Batin
Kabupaten Way Kanan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 148 responden.
Sedangkan sampel pada penelitian ini sebanya 37 responden. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket dan wawancara
terhadap siswa kelas VIII.
Berdasarkan analisis data pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
peranan aktivitas belajar pada mata pelajaran PKn dalam pembentukan sikap
pembentukan tanggungjawab warga negara mempunyai pengaruh yang erat.
Dalam hal ini dapat dilihat dari Hasil X2 hitung = 36,25 kemudian dikonsultasikan
dengan tabel chi-kuadrat pada derajat kebebasan = 4 maka diperoleh X2 tabel =
9,49 dengan demikian X2 hitung lebih besar dari X2 tabel (X2 hit > X2 tab) yaitu
36,25 > 13,3. Serta mempunyai derajat pengaruh antara variabel dalam kategori
tinggi dengan koefisien Chit = 0,70 dan koefisien Cmax = 0,812 terletak pada
pengaruh 0,83 koefisien tinggi.
Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang erat antara
peranan aktivitas belajar pada mata pelajaran PKn terhadap pembentukan sikap
tanggung jawab warga negara pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Negara Batin
tahun pelajaran 2009 / 2010.PURILEILA 0613032035