Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T02:14:21ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-09-07T04:01:38Z2015-09-07T04:01:38Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12254This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/122542015-09-07T04:01:38ZPENGARUHPENGUASAAN KONSEP DIRI TERHADAP TINGKAT
PENYESUAIAN DIRI SISWA DALAM LINGKUNGAN BELAJAR
PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN 2011/2012Konsep Diri merupakan unsur sentral dalam kepribadian dan penyesuaian diri
manusia terhadap lingkungan sosial dan hubungan interpersonal. Masalahmasalah
rumit
yang dialami manusia seringkali terjadi dan bahkan hampir semua
sebenarnya berasal dari dalam diri manusia itu sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penguasaan konsep diri
terhadap tingkat penyesuaian diri siswa dalam lingkungan belajar di SMA Negeri 10
Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode penelitian ini adalah
metode deskriptif pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh
siswa kelas X yang berjumlah 274 orang siswa, sedangkan 25% dari jumlah
populasi ini dijadikan sampel dalam penelitian yaitu berjumlah 68 orang siswa.
Teknik pokok pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket
dan teknik penunjang dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik
wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan
antara penguasaan konsep diri terhadap tingkat penyesuaian diri siswa dalam
lingkungan belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 10 Bandar Lampung Tahun
Pelajaran 2011/2012, dimana konsep diri mempengaruhi tingkat penyesuaian diri
siswa dalam lingkungan belajar.RIA WIDYASTUTI 0613032039