Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:19:59ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-07T02:02:18Z2015-12-07T02:02:18Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15134This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/151342015-12-07T02:02:18ZANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS BERDASARKAN
MODEL TERPADU IPS DI SMPN 6 KOTABUMI
LAMPUNG UTARA TAHUN AJARAN
2010/2011Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau KTSP merupakan penyempurnaan
dari Kurikulum Berbasis Kompetensi. Kurikulum ini tetap menggunakan
pendekatan kompetensi dan sebagai penyempurnaan dari KBK, kurikulum ini
memberikan kebebasan kepada pihak sekolah untuk mengembangkan kurikulum
sesuai dengan potensin dan kebutuhan yang dimiliki oleh masing-masing sekolah.
Walaupun pengembangan KTSP beragam, kurikulum yang diterapkan masingmasing
sekolah tetap mengacu pada standar nasional pendidikan. Untuk
melaksanakan kurikulum dengan baik, maka diperlukan kerjasama oleh semua
pihak sekolah terutama guru. Guru dituntut untuk lebih kreatif dalam kegiatan
belajar mengajar.
Berhasil atau tidaknya kurikulum bergantung pada aktifitas dan kreatifitas guru
dalam mengembangkan dan merealisasikan kurikulum. KTSP telah telah
dikembangkan menjadi beberapa model kurikulum. Model-model tersebut salah
satunya yaitu, model pembelajaran Terpadu IPS SMP. Model ini dapat menjadi
pedoman bagi guru IPS di SMP untuk menyusun perencanaan pembelajaran.
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
Bagaimanakah kemampuan guru menyusun perencanaan pembelajaran IPS
berdasarkan model terpadu IPS di SMP N 6 Kotabumi Lampung Utara ?
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dengan
teknik pengumpulan data melalui teknik pustaka, teknik observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data
kualitatif.
Adapun hasil penelitian tentang kemampuan guru dalam menyusun perencanaan
pembelajaran IPS berdasarkan model Terpadu IPS di SMP Negeri 6 Kotabumi
Lampung Utara adalah cukup mampu. Hal ini terlihat dari didapatnya rata-rata
nilai 2,5 dari ke enam responden mengenai kemampuan dalam menyusun
perncanaan pembelajaran berdasarkan model Terpadu IPS. Rentang nilai tersebut
pada tabel konversi memiliki keterangan nilai C atau cukup. Dimana untuk
kemampuan menentukan tujuan menunjukkan rata-rata nilai 1 dengan keterngan
nilai kurang mampu, kemampuan menentukan materi menunjukkan rata-rata nilai
4 dengan keterangan nilai amat baik atau mampu, menentukan media
pembelajaran dapat dikatakan kurang mampu dengan rata-rata nilai 1,8,
kemampuan dalam menyusun langkah-langkah pembelajaran cukup mampu
dengan rata-rata nilai 2,3 dan kurangnya kemampuan guru dalam menentukan
evaluasi pembelajaran dengan didapatnya rata-rata nilai 1,8.Asri Yunia Tika 0613033017