Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:35:16ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-10T04:07:23Z2015-12-10T04:07:23Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15476This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/154762015-12-10T04:07:23ZPENGARUH POLA PENDEKATAN GURU PADA SISWA DALAM
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA
NEGERI 1 NATAR LAMPUNG SELATAN
TAHUN AJARAN 2009 2010Pembelajaran merupakan suatu sistem, dengan demikian pencapaian standar pembelajaran
untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat dimulai dari menganalisis setiap komponen
yang dapat membentuk dan mempengaruhinya. Begitu banyak komponen yang dapat
mempengaruhi kualitas pembelajaran, tidak mungkin upaya peningkatan kualitas dilakukan
dengan memperbaiki setiap komponen secara serempak. Selain komponen-komponen itu
keberadaanya terpencar, juga sulit untuk menentukan kadar keterpengaruhan setiap
komponen.
Namun demikian, salah satu komponen yang selama ini dianggap sangat mempengaruhi
proses pembelajaran adalah guru. Guru merupakan ujung tombak yang berhubungan
langsung dengan subyek dan obyek belajar, yaitu siswa.
Berdasarkan dari Iatar belakang masalah, maka masalah dalam penelitian ini dapat
dirumuskan sebagai berikut 1) Apakah pola pendekatan guru dapat mempengaruhi hasil
belajar sejarah siswa kelas XI IPS Semester Genap di SMA Negeri 1 Natar - Lampung
Selatan, 2) Sejauh mana pengaruh Pola pendekatan guru terhadap hasil belajar sejarah siswa
kelas XI IPS Semester Genap di SMA Negeri 1 Natar - Lampung Selatan
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pola Pendekatan Guru Dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Natar - Lampung
Selatan Tahun Pelajaran 2009 2010
Untuk mengumpulkan data digunakan angket dan dokumentasi sebagai metode pokok dan
interviu serta observasi sebagai metode pelengkap. Untuk analisis data digunakan analisis
statistik dengan uji Chi Kuadrat.
Dari hasil analisis dipatkan kesimpulan :
1. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan rumus koefisien kontingensi (KK),
didapatkan hasil KK = 0,731. Hasil KK = 0,731 ini ternyata ada pada kategori cukup.
Dengan demikian berarti terdapat pengaruh yang cukup erat antara pendekatan guru
pada siswa terhadap hasil belajar sejarah siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Natar Lampung
Selatan
Tahun
Pelajaran
2009
2010.
2. Terdapat signifikasnis hubungan antara kedua variabel yang ditunjukan oleh hasil
perhitungan Che Kuadrat = 51,68 ternyata lebih besar dari tabel kritik Che
Kuadrat pada derajat kebebasan (d.b) = 4 pada taraf signifikan 1% maupun 5%.
Dengan demikian berarti terdapat peranan yang signifikan pendekatan guru pada
siswa dalam meningkatkan hasil belajar sejarah siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1
Natar - Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2009 2010EKA SEPTIANI 0613033023