Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:39:11ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-22T04:30:32Z2016-01-22T04:30:32Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18719This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/187192016-01-22T04:30:32ZPENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI
STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM
ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) KELAS V SDN 02 MARGASARI
LABUHAN MARINGGAI LAMPUNG TIMURPenelitian ini berawal dari hasil observasi bahwa proses pembelajaran
Matematika kelas V SDN 02 Margasari Labuhan Maringgai Lampung Timur,
dilaksanakan berpusat pada guru. Berdasarkan studi dokumentasi hasil belajar
siswa, hasil ujian semester ganjil kelas V SDN 02 Margasari Labuhan Maringgai
Lampung Timur diperoleh nilai rata-rata 58,67, nilai terendah 47,50 dan nilai
tertinggi 87,50 dengan keterangan sebanyak 23 siswa yang belum tuntas belajar
dan yang telah tuntas 15 siswa (kurang dari 50%), dengan kriteria ketercapaian
minimum, yaitu 60,00.
Penelitian ini bertujuan meningkatkan pembelajaran Matematika melalui
strategi cooperative learning tipe STAD. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Prosedur
penelitian yang telah ditempuh berbentuk pengkajian berdaur atau siklus, setiap
siklus terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi cooperative
learning tipe STAD kelas V SDN 02 Margasari Labuhan Maringgai Lampung
Timur dapat meningkatkan hasil pembelajaran Matematika, meliputi peningkatan
persentase rata-rata aktivitas siswa siklus I sebesar 64,39%, siklus II sebesar
71,18%, dengan peningkatan sebesar 6,79%. Peningkatan juga terjadi pada kinerja
guru dalam pembelajaran Matematik, pada siklus I, persentase kinerja guru
sebesar 76,66%, dan pada siklus II sebesar 85,93%, dengan peningkatan sebesar
9,27%. Seiring peningkatan aktivitas belajar siswa dan kinerja guru, persentase
ketuntasan hasil belajar siswa meningkat, persentase siswa tuntas pada siklus I
sebesar 65,78% atau sebanyak 25 orang siswa dan sebesar 71,06% atau sebanyak
27 orang siswa, hal tersebut menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa
meningkat sebesar 5,82%.ADI SAPUTRA 0613053001