Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:44:03ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-22T04:30:37Z2016-01-22T04:30:37Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18720This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/187202016-01-22T04:30:37ZPENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
DENGAN PENDEKATAN SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL
(SAVI) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV
SEKOLAH DASAR NEGERI 01 CIMARIAS KECAMATAN
BANGUNREJO LAMPUNG TENGAH
TAHUN PELAJARAN 2009-2010Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata
pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 01 Cimarias Tahun Pelajaran 20092010.
Berdasarkan
hasil
ulangan
harian
pada
materi
perkalian
dan
pembagian,
10
siswa
(50%) belum
mencapai
KKM
yang
ditentukan
yaitu
6,5. Tujuan
penelitian
ini
adalah
untuk
meningkatkan
aktivitas
dan
hasil
belajar
peserta
didik
dengan
Pendekatan
SAVI
pada
mata
pelajaran
Matematika
di
kelas
tersebut.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian tindakan kelas. Pelaksanaannya dilakukan secara kolaborasi antara
peneliti dengan guru kelas melalui siklus perencanaan observasi. Pengumpulan
data mengunakan teknik observasi, tes formatif dan dokumentasi. Analisis data
dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan persentase
aktivitas SAVI peserta didik mulai dari siklus I sampai siklus III, yaitu siklus I
sebesar 25%, siklus II sebesar 55%, dan siklus III sebesar 75% dengan KKM
secara klasikal yaitu 60%. Hasil belajar juga meningkat dari siklus I sampai
dengan siklus III, yaitu siklus I sebesar 25%, siklus II sebesar 65%, dan siklus III
sebesar 95% dengan KKM secara klasikal yaitu 60%. Dari hasil penelitian di atas
dapat disimpulkan bahwa pendekatan SAVI dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Cimarias tahun pelajaran 2009-2010.Agung Heri Prasmanto 0613053003