Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:10:06ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-22T04:31:55Z2016-01-22T04:31:55Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18738This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/187382016-01-22T04:31:55ZPENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA
MELALUI METODE TANYA JAWAB DALAM PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS V SD NEGERI 02
METRO SELATANPembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V di SDN 02 Metro
Selatan cenderung guru menggunakan metode ceramah dan siswa pasif sehingga
proses pembelajaran belum optimal, berdampak pada hasil belajar yang belum
sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Strategi yang digunakan ini
belum sepenuhnya mencapai proses dan hasil pembelajaran yang optimal karena
masih konvensional yaitu guru sentris, pembelajarannya berpusat pada guru.
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada
pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan metode tanya
jawab.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dilaksanakan secara kolaboratif partisipatif antara peneliti dengan guru SDN 02
Metro Selatan. Penelitian tindakan kelas ini, yang dijadikan subjek penelitian
adalah siswa dan guru kelas V SDN 02 Metro Selatan, Kota Metro. Jumlah siswa
yang menjadi subjek penelitian ini sebanyak 37 siswa terdiri dari 19 siswa lakilaki
dan
18 orang
siswa
perempuan.
Dari hasil penelitian ternyata penggunaan metode tanya jawab dalam proses
pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mulai dari siklus I sampai siklus
III. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I
sampai siklus III terjadi peningkatan nilai rata-rata siklus I 35,13 % pada siklus II
56,75 % dan pada siklus III meningkat menjadi 78,37 % sedangkan ketuntasan
belajar di siklus I berjumlah 17 siswa (45,94%) meningkat pada siklus II menjadi
27 siswa (72,97%) dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 32 siswa (86,48%)
dari 37 siswa.
Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode tanya
jawab dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa mulai dari siklus I
sampai siklus III.RIMA AMELIA WN 0613053055