Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:54:31ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-22T04:32:44Z2016-01-22T04:32:44Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18750This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/187502016-01-22T04:32:44ZPENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MOTIVASI TERHADAP
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT
Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dipengaruhi oleh banyak faktor
antara lain kemampuan awal dan motivasi belajar siswa. Proses pembelajaran
akan berjalan lancar dan baik apabila siswa telah memiliki kemampuan awal dan
motivasi yang memadai. Sehingga kemampuan pemecahan masalah matematis
akan tercapai. Rendahnya kemampuan awal dan motivasi belajar siswa ber-
implikasi pada rendahnya hasil belajar matematika siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Metro. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 7 kelas. Sedangkan sampel dalam
penelitian ini terpilih kelas VIIIc dengan menggunakan teknik cluster random
sampling.
Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari
(1) Kemampuan awal dan motivasi terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa sebesar 89 persen, (2) kemampuan awal terhadap kemampuan
Wahyu Kusumaningtyas
pemecahan masalah sebesar 65,6 persen, (3) motivasi terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematis sebesar 29 persen, dan (4) tidak ada pengaruh
yang signifikan dari kemampuan awal terhadap motivasi dengan kontribusi
sebesar 0,36 persen.Wahyu Kusumaningtyas Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa 0643021056