Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:36:50ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-29T03:44:48Z2015-12-29T03:44:48Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16212This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/162122015-12-29T03:44:48ZPENERAPAN PEMBELAJARAN
KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES
TOURNAMENTS UNTUK MENINGKATKAN
AKTVIFITAS DAN PENGUASAAN KONSEP
LARUTAN NON-ELEKTROLIT DAN
ELEKTROLIT SERTA REAKSI REDOKS
(PTK Pada Siswa Kelas X4
Sman 14 Bandar
Lampung Tp.2010-2011)Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kimia kelas X4
Negeri 14 Bandar Lampung, diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata tes formatif
pada materi pokok larutan non-elektrolit dan elektrolit serta reaksi redoks TP
2009-2010 yaitu 60. Siswa yang mendapatkan nilai ≥ 65 hanya mencapai 45%,
kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan di SMA
Negeri 14 yaitu 100% siswa mencapai nilai ≥ 65. Aktivitas siswa yang relevan
dengan pembelajaran (on task) masih rendah. Salah satu upaya untuk meningkat-
kan aktivitas dan penguasaan konsep kimia adalah dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe TGT.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan (1) setiap jenis
aktivitas on task, (2) penguasaan konsep kimia dan, (3) ketuntasan belajar siswa,
melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT pada materi pokok larutan non SMA
elektrolit dan elektrolit serta reaksi redoks dari siklus ke siklus. Jenis penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek
penelitian adalah siswa kelas X4 SMA Negeri 14 Bandar Lampung TP 2010-2011
yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian terdiri dari data aktivitas on task dan
data penguasaan konsep.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari siklus I ke siklus II dan dari siklus II ke
siklus III terjadi peningkatan (1) setiap jenis aktivitas on task siswa yaitu aktif
dalam diskusi sebesar 14,7% dan 9%; aktif bertanya kepada guru sebesar 7,4%
dan 18,8%; mengemukakan pendapat sebesar 7,25% dan 5,5%; menjawab
pertanyaan dari guru sebesar 8,6% dan 5,9%; (2) rata-rata penguasaan konsep
sebesar 7,56% dan 5,36%; dan (3)ketuntasan belajar siswa sebesar 15,63% dan
6,25%.Desi Arisanti 0643023005