Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:04:17ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-29T03:44:57Z2015-12-29T03:44:57Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16214This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/162142015-12-29T03:44:57ZPENERAPAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK
MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP
(PTK Pada Siswa Kelas X2
HIDROKARBONSMA Persada Bandar Lampung TP 2010-2011)
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kimia di SMA Persada
Bandar Lampung, diperoleh informasi bahwa Kriteria Ketuntasan Minimum
(KKM)yang ditetapkan pada Tahun Pelajaran 2009-2010 adalah 100% siswa
mencapai nilai ≥ 65, namun siswa yang mendapat nilai ≥ 65 hanya 35%. Nilai
rata-rata penguasaan konsep siswa kelas X2
pada materi pokok hidrokarbon 2009-2010 yaitu 61. Aktivitas yang relevan dalam pembelajaran (on task) seperti aktif
mengemukakan pendapat, aktif bertanya, aktif menjawab pertanyaan dan aktif
dalam diskusi masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterap-
kan untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep pada materi tersebut
adalah pembelajaran penemuan terbimbing.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran penemuan
terbimbing dalam meningkatkan persentase rata-rata (1) setiap jenis aktivitas on
task, (2)penguasaan konsep dan, (3)ketuntasan belajar pada konsep hidrokarbon.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3
siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X2
SMA Persada Bandar Lampung
yang berjumlah 35 siswa, terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan.
Data penelitian terdiri dari data kualitatif berupa data aktivitas on task siswa dan
data kuantitatif berupa data penguasaan konsep.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase rata-rata
(1)setiap jenis aktivitas on task siswa, dari siklus I ke siklus II dan dari siklus II
ke siklus III adalah sebagai berikut: (a)aktif mengemukakan pendapat sebesar
12,86% dan 11,33%; (b)aktif dalam diskusi sebesar 12,86% dan 12,85%;
(c)aktif bertanya sebesar 18,59% dan 14,29%; (d)aktif menjawab pertanyaan
sebesar 5,72% dan 7,14%; (2)penguasaan konsep dari siklus I ke siklus II sebe-
sar 12,60%, dari siklus II ke siklus III sebesar 11,08%; dan (3)ketuntasan bela-
jar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 20,00%, dari siklus II ke siklus III sebe-
sar 14,28%. Indikator kinerja tercapai sejak siklus I ke siklus II.Rise Novera Adri 0643023030