Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:29:20ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-26T04:58:26Z2016-01-26T04:58:26Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20407This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/204072016-01-26T04:58:26ZPERBANDINGAN HASIL BELAJAR PKn ANTARA YANG
MENGGUNAKAN METODE MENGAJAR CERAMAH
BERVARIASI DENGAN DISKUSI KELOMPOK
PADA SISWA KELAS X SMA N 13
BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN
2009/2010Abstrak
Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mendorong siswa agar termotivasi
untuk belajar PKn dengan mengembangkan metode ceramah yang bervariasi dan
diskusi, metode tersebut sangat diperlukan artinya seorang guru tidak boleh
monoton dalam mengajar dengan menggunakan metode ceramah saja yaitu
metode yang mutlak digunakan oleh guru hal ini akan menimbulkan kejenuhan,
karena siswa harus dengan setia dan tenang mendengarkan penjelasan guru itu.
Sedangkan dengan metode diskusi siswa dapat diharapkan dapat lebih aktif dalam
mengemukakan pendapat terhadap berbagai persoalan yang disajikan tanpa
merasa segan dan takut.
Permasalahan belajar PKn siswa kelas X SMA N 13 Bandar Lampung adalah
proses belajar di kelas siswa kurang dilatih dan bekerja sama dalam memecahkan
masalah dan mendengarkan penjelasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1)
mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah
bervariasi, (2) bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi
kelompok, (3) adakah perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode
ceramah bervariasi dan menggunakan metode diskusi kelompok.
Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk untuk menganalisis, mengetahui,
menjelaskan atau mengetahui jumlah perbedaan rata-rata hasil belajar PKn siswa
antara yang diberi pembelajaran menggunakan metode ceramah bervariasi dengan
hasil belajar PKn menggunakan metode diskusi. (2) untuk menganalisis,
mengetahui rata-rata hasil belajar PKn siswa yang lebih tinggi antara yang diberi
pembelajaran menggunakan metode ceramah bervariasi dengan hasil belajar PKn
menggunakan metode diskusi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Class Action
Research) yaitu suatu penelitian yang dikembangkan bersama-sama untuk peneliti
dan dicision maker tentang variable yang dimanipulasikan dan dapat digunakan
Vina astria
untuk melakukan perbaikan. Populasi penelitian ini 208 siswa, sampel diambil 76
siswa dari 2 kelas yang masing-masing kelas berjumlah 38 siswa. Pengumpulan
data dengan observasi dan tes untuk memperoleh data primer. Analisis penelitian
menggunakan t tes dan uji perbedaan dua rata-rata untuk mengetahui rata-rata
hasil belajar siswa dengan melalui tes untuk mengetahui rata-rata hasil belajar
siswa dan sebagai dasar deskripsi guna membuat laporan penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode
pembelajaran ceramah bervariasi dan diskusi kelompok yaitu :
1. hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah bervariasi dapat
meningkatkan hasil belajar siswa
2. hasil belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi kelompok dapat
meningkatkan hasil belajar siswa.
3. ada perbedaan rata-rata hasil belajar PKn siswa antara yang menggunakan
metode ceramah bervariasi dengan diskusi kelompok. Rata–rata hasil belajar
PKn siswa menggunakan metode pengajaran diskusi kelompok lebih tinggi
(73,4) dari pada rata-rata hasil belajar PKn siswa dengan menggunakan
ceramah bervariasi (63,2)VINA ASTRIA 06430320462016-01-22T04:35:21Z2016-01-22T04:35:21Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18859This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/188592016-01-22T04:35:21ZPERBANDINGAN HASIL BELAJAR PKn ANTARA YANG
MENGGUNAKAN METODE MENGAJAR CERAMAH
BERVARIASI DENGAN DISKUSI KELOMPOK
PADA SISWA KELAS X SMA N 13
BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN
2009/2010Abstrak
Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mendorong siswa agar termotivasi
untuk belajar PKn dengan mengembangkan metode ceramah yang bervariasi dan
diskusi, metode tersebut sangat diperlukan artinya seorang guru tidak boleh
monoton dalam mengajar dengan menggunakan metode ceramah saja yaitu
metode yang mutlak digunakan oleh guru hal ini akan menimbulkan kejenuhan,
karena siswa harus dengan setia dan tenang mendengarkan penjelasan guru itu.
Sedangkan dengan metode diskusi siswa dapat diharapkan dapat lebih aktif dalam
mengemukakan pendapat terhadap berbagai persoalan yang disajikan tanpa
merasa segan dan takut.
Permasalahan belajar PKn siswa kelas X SMA N 13 Bandar Lampung adalah
proses belajar di kelas siswa kurang dilatih dan bekerja sama dalam memecahkan
masalah dan mendengarkan penjelasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1)
mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah
bervariasi, (2) bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi
kelompok, (3) adakah perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode
ceramah bervariasi dan menggunakan metode diskusi kelompok.
Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk untuk menganalisis, mengetahui,
menjelaskan atau mengetahui jumlah perbedaan rata-rata hasil belajar PKn siswa
antara yang diberi pembelajaran menggunakan metode ceramah bervariasi dengan
hasil belajar PKn menggunakan metode diskusi. (2) untuk menganalisis,
mengetahui rata-rata hasil belajar PKn siswa yang lebih tinggi antara yang diberi
pembelajaran menggunakan metode ceramah bervariasi dengan hasil belajar PKn
menggunakan metode diskusi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Class Action
Research) yaitu suatu penelitian yang dikembangkan bersama-sama untuk peneliti
dan dicision maker tentang variable yang dimanipulasikan dan dapat digunakan
Vina astria
untuk melakukan perbaikan. Populasi penelitian ini 208 siswa, sampel diambil 76
siswa dari 2 kelas yang masing-masing kelas berjumlah 38 siswa. Pengumpulan
data dengan observasi dan tes untuk memperoleh data primer. Analisis penelitian
menggunakan t tes dan uji perbedaan dua rata-rata untuk mengetahui rata-rata
hasil belajar siswa dengan melalui tes untuk mengetahui rata-rata hasil belajar
siswa dan sebagai dasar deskripsi guna membuat laporan penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode
pembelajaran ceramah bervariasi dan diskusi kelompok yaitu :
1. hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah bervariasi dapat
meningkatkan hasil belajar siswa
2. hasil belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi kelompok dapat
meningkatkan hasil belajar siswa.
3. ada perbedaan rata-rata hasil belajar PKn siswa antara yang menggunakan
metode ceramah bervariasi dengan diskusi kelompok. Rata–rata hasil belajar
PKn siswa menggunakan metode pengajaran diskusi kelompok lebih tinggi
(73,4) dari pada rata-rata hasil belajar PKn siswa dengan menggunakan
ceramah bervariasi (63,2)VINA ASTRIA 06430320462016-01-22T04:25:58Z2016-01-22T04:25:58Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18836This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/188362016-01-22T04:25:58ZPERBANDINGAN HASIL BELAJAR PKn ANTARA YANG
MENGGUNAKAN METODE MENGAJAR CERAMAH
BERVARIASI DENGAN DISKUSI KELOMPOK
PADA SISWA KELAS X SMA N 13
BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN
2009/2010Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mendorong siswa agar termotivasi
untuk belajar PKn dengan mengembangkan metode ceramah yang bervariasi dan
diskusi, metode tersebut sangat diperlukan artinya seorang guru tidak boleh
monoton dalam mengajar dengan menggunakan metode ceramah saja yaitu
metode yang mutlak digunakan oleh guru hal ini akan menimbulkan kejenuhan,
karena siswa harus dengan setia dan tenang mendengarkan penjelasan guru itu.
Sedangkan dengan metode diskusi siswa dapat diharapkan dapat lebih aktif dalam
mengemukakan pendapat terhadap berbagai persoalan yang disajikan tanpa
merasa segan dan takut.
Permasalahan belajar PKn siswa kelas X SMA N 13 Bandar Lampung adalah
proses belajar di kelas siswa kurang dilatih dan bekerja sama dalam memecahkan
masalah dan mendengarkan penjelasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1)
mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah
bervariasi, (2) bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi
kelompok, (3) adakah perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode
ceramah bervariasi dan menggunakan metode diskusi kelompok.
Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk untuk menganalisis, mengetahui,
menjelaskan atau mengetahui jumlah perbedaan rata-rata hasil belajar PKn siswa
antara yang diberi pembelajaran menggunakan metode ceramah bervariasi dengan
hasil belajar PKn menggunakan metode diskusi. (2) untuk menganalisis,
mengetahui rata-rata hasil belajar PKn siswa yang lebih tinggi antara yang diberi
pembelajaran menggunakan metode ceramah bervariasi dengan hasil belajar PKn
menggunakan metode diskusi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Class Action
Research) yaitu suatu penelitian yang dikembangkan bersama-sama untuk peneliti
dan dicision maker tentang variable yang dimanipulasikan dan dapat digunakan
Vina astria
untuk melakukan perbaikan. Populasi penelitian ini 208 siswa, sampel diambil 76
siswa dari 2 kelas yang masing-masing kelas berjumlah 38 siswa. Pengumpulan
data dengan observasi dan tes untuk memperoleh data primer. Analisis penelitian
menggunakan t tes dan uji perbedaan dua rata-rata untuk mengetahui rata-rata
hasil belajar siswa dengan melalui tes untuk mengetahui rata-rata hasil belajar
siswa dan sebagai dasar deskripsi guna membuat laporan penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode
pembelajaran ceramah bervariasi dan diskusi kelompok yaitu :
1. hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah bervariasi dapat
meningkatkan hasil belajar siswa
2. hasil belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi kelompok dapat
meningkatkan hasil belajar siswa.
3. ada perbedaan rata-rata hasil belajar PKn siswa antara yang menggunakan
metode ceramah bervariasi dengan diskusi kelompok. Rata–rata hasil belajar
PKn siswa menggunakan metode pengajaran diskusi kelompok lebih tinggi
(73,4) dari pada rata-rata hasil belajar PKn siswa dengan menggunakan
ceramah bervariasi (63,2)VINA ASTRIA 06430320462015-12-10T04:09:27Z2015-12-10T04:09:27Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15426This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/154262015-12-10T04:09:27ZPERBANDINGAN HASIL BELAJAR PKn ANTARA YANG
MENGGUNAKAN METODE MENGAJAR CERAMAH
BERVARIASI DENGAN DISKUSI KELOMPOK
PADA SISWA KELAS X SMA N 13
BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN
2009/2010Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mendorong siswa agar termotivasi
untuk belajar PKn dengan mengembangkan metode ceramah yang bervariasi dan
diskusi, metode tersebut sangat diperlukan artinya seorang guru tidak boleh
monoton dalam mengajar dengan menggunakan metode ceramah saja yaitu
metode yang mutlak digunakan oleh guru hal ini akan menimbulkan kejenuhan,
karena siswa harus dengan setia dan tenang mendengarkan penjelasan guru itu.
Sedangkan dengan metode diskusi siswa dapat diharapkan dapat lebih aktif dalam
mengemukakan pendapat terhadap berbagai persoalan yang disajikan tanpa
merasa segan dan takut.
Permasalahan belajar PKn siswa kelas X SMA N 13 Bandar Lampung adalah
proses belajar di kelas siswa kurang dilatih dan bekerja sama dalam memecahkan
masalah dan mendengarkan penjelasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1)
mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah
bervariasi, (2) bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi
kelompok, (3) adakah perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode
ceramah bervariasi dan menggunakan metode diskusi kelompok.
Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk untuk menganalisis, mengetahui,
menjelaskan atau mengetahui jumlah perbedaan rata-rata hasil belajar PKn siswa
antara yang diberi pembelajaran menggunakan metode ceramah bervariasi dengan
hasil belajar PKn menggunakan metode diskusi. (2) untuk menganalisis,
mengetahui rata-rata hasil belajar PKn siswa yang lebih tinggi antara yang diberi
pembelajaran menggunakan metode ceramah bervariasi dengan hasil belajar PKn
menggunakan metode diskusi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Class Action
Research) yaitu suatu penelitian yang dikembangkan bersama-sama untuk peneliti
dan dicision maker tentang variable yang dimanipulasikan dan dapat digunakan
Vina astria
untuk melakukan perbaikan. Populasi penelitian ini 208 siswa, sampel diambil 76
siswa dari 2 kelas yang masing-masing kelas berjumlah 38 siswa. Pengumpulan
data dengan observasi dan tes untuk memperoleh data primer. Analisis penelitian
menggunakan t tes dan uji perbedaan dua rata-rata untuk mengetahui rata-rata
hasil belajar siswa dengan melalui tes untuk mengetahui rata-rata hasil belajar
siswa dan sebagai dasar deskripsi guna membuat laporan penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode
pembelajaran ceramah bervariasi dan diskusi kelompok yaitu :
1. hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah bervariasi dapat
meningkatkan hasil belajar siswa
2. hasil belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi kelompok dapat
meningkatkan hasil belajar siswa.
3. ada perbedaan rata-rata hasil belajar PKn siswa antara yang menggunakan
metode ceramah bervariasi dengan diskusi kelompok. Rata–rata hasil belajar
PKn siswa menggunakan metode pengajaran diskusi kelompok lebih tinggi
(73,4) dari pada rata-rata hasil belajar PKn siswa dengan menggunakan
ceramah bervariasi (63,2)VINA ASTRIA 0643032046