Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:45:09ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-25T04:46:54Z2016-01-25T04:46:54Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19546This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/195462016-01-25T04:46:54ZTUTURAN BERTANYA SISWA TAMAN KANAK-KANAK LPMK
SEPUTIH AGUNG LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2010/2011
DI LINGKUNGAN SEKOLAH DAN IMPLIKASINYA
DALAM PEMBELAJARAN BAHASAPenelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan tuturan bertanya siswa Taman
Kanak-kanak LPMK Seputih Agung Lampung Tengah tahun pelajaran 2010/2011
di lingkungan sekolah dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif dan sumber
datanya adalah tuturan antarsiswa, tuturan antara guru dan siswa, dan tuturan antara
siswa dengan orang lain yang ada di lingkungan sekolah pada siswa Taman Kanak-
kanak LPMK Seputih Agung Lampung Tengah tahun pelajaran 2010/2011.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk tuturan bertanya yang muncul
dilakukan dengan dua cara, yakni bertanya langsung dan bertanya tidak langsung.
Tuturan bertanya tidak langsung terdiri atas (1) tuturan bertanya sebagai ekspresi
tindak tutur memerintah, (2) tuturan bertanya sebagai ekspresi tindak tutur
memberitahukan, (3) tuturan bertanya sebagai ekspresi tindak tutur mengajak, dan
(4) tuturan bertanya sebagai ekspresi tindak tutur memohon.
Hasil penelitian berimplikasi pada pembelajaran bahasa di taman kanak-kanak
sebagai tambahan referensi bagi guru agar menggunakan metode tanya jawab
dalam kegiatan belajar mengajar supaya siswa terbiasa dan berani untuk bertanya.Agus Susilo 0643041001