Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:44:06ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-07T02:08:48Z2015-12-07T02:08:48Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15226This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/152262015-12-07T02:08:48ZEFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING
CYCLE 3E DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN
KONSEP LAJU REAKSI SISWA
SMA NEGERI 1 NATAR
2011/2012Berdasarkan observasi di SMA Negeri 1 Natar diperoleh data bahwa pembelajar-
an di kelas masih disampaikan dengan cara konvensional yaitu hanya melibatkan
siswa sebagai pendengar, pencatat, dan penghafal yang baik. Pembelajaran
konvensional tersebut belum membimbing siswa untuk lebih menguasai konsep
laju reaksi serta melatih kemandirian belajarnya. Oleh karena itu, dirancang
pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 3E.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan model
pembelajaran Learning Cycle 3E dalam meningkatkan penguasaan konsep laju
reaksi siswa SMA Negeri 1 Natar. Efektivitas penerapan model pembelajaran
Learning Cycle 3E diukur dengan mendapatkan nilai rata-rata gain yang
ternormalisasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1
Natar yang tersebar dalam lima kelas, yaitu kelas XI IPA 1 sampai dengan kelas
XI IPA 5. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive cluster sampling,
yang didasarkan pada nilai uji blok I tentang materi srtuktur atom dan sistem
periodik unsur. Sampel pada penelitian ini kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol
dan kelas XI IPA3 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan
metode kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Pengujian
hipotesis yang digunakan adalah uji-t .IGK TRI PUTRA 0713023028