Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:36:58ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-14T03:24:15Z2016-01-14T03:24:15Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17147This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/171472016-01-14T03:24:15ZEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INKUIRI
TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN
KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN
DAN PENGUASAAN KONSEP HUKUMHUKUM DASAR KIMIAAbstrak
Berdasarkan hasil observasi di SMA Al-Azhar 3 Bandarlampung diketahui
bahwa pada proses pembelajaran siswa kurang dilibatkan langsung dalam
menemukan konsep. Hal ini belum sesuai dengan KTSP yang proses pembelajarannya harus berpusat pada siswa. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu
model pembelajaran yang mampu melibatkan siswa dalam menemukan konsep,
yaitu pembelajaran yang bersifat konstruktivisme, salah satunya adalah inkuiri
terbimbing.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran inkuiri
terbimbing dalam meningkatan keterampilan mengkomunikasikan dan
penguasaan konsep siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia. Populasi
dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X tahun pelajaran 201 1/2012.
Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas X5
sebagai kelas eksperimen dan kelas X6 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini
Julian Hadi Ferry
adalah kuasi eksperimen menggunakan Non Equivalent Control Group Design.
Efektivitas pembelajaran ini diukur berdasarkan N-gain, uji t, dan uji t’.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata N-gain keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep kelas eksperimen 0,25 dan 0,36 dan
kelas kontrol 0,20 dan 0,30, (2) kelas eksperimen dengan pembelajaran inkuiri
terbimbing memiliki keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep
yang lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing lebih efektif
dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep
hukum-hukum dasar kimia daripada pembelajaran konvensional.
Kata kunci: Pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan mengkomunikasikan,
penguasaan konsep.Julian Hadi Ferry 0713023029