Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:39:18ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-11-20T02:01:31Z2015-11-20T02:01:31Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14510This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/145102015-11-20T02:01:31ZPENGARUH DISIPLIN BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN
LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS
TERPADU SISWA KELAS VII SEMESTER GANJIL SMP N 3
PESISIR TENGAH KRUI LAMPUNG BARAT
TAHUN AJARAN 2010/2011Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor individual maupun sosial.
Salah satu faktor individual yang dengan menentukan prestasi belajar siswa adalah disiplin
belajar. Beberapa faktor sosial yang memberikan kontribusi yang besar terhadap pencapaian
prestasi belajar adalah faktor lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui :
1. Ada pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar IPS terpadu siswa kelas VII
semester ganjil SMP N 3 Pesisir Tengah Krui Lampung Barat tahun ajaran 2010/2011.
2. Ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas
VII Semester Ganjil SMP N3 Pesisir Tengah Krui Lampung Barat Tahun ajaran
2010/2011.
3. Pengaruh lingkungan sekolah dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar IPS Terpadu
siswa kelas VII Semester Ganjil SMP N 3 Pesisir Tengah Krui Lampung Barat Tahun
Ajaran 2010/2011.
4. Hubungan disiplin belajar, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah dengan prestasi
belajar IPS Terpadu siswa kelas VII semester ganjil SMP N 3 Pesisir Tengah
Krui Lampung Barat tahun ajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester ganjil Tahun Ajaran 2010/2011
SMP N 3 Pesisir Tengah Krui Lampung Barat, yaitu berjumlah 95 siswa. Pengambilan
sampel yang berjumlah 77 siswa dilakukan dengan Simple Random Sampling dengan
menggunakan rumus Slovin. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah angket. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif verifikatif dengan
pendekatan ex post facto dan survei Hal ini dapat dilihat dengan F hitung = 18,057 > F tabel
= 4,249 dengan koefisien korelasi (R) = 0,441 dan koefisien determinasi (R
) = 0,194, yang
berarti prestasi belajar IPS Terpadu dipengaruhi oleh disiplin belajar, lingkungan keluarga,
dan lingkungan sekolah sebesar 19,4%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :
1. Disiplin belajar terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 3
Pesisir Tengah Krui Lampung Barat Tahun Ajaran 2010/2011 mempengaruhi prestasi belajar
siswa, dan sisanya dipengaruhi oleh faktor yang lain yang berasal dari dalam diri siswa
maupun dari luar.2. Lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas
VII SMP Negeri 3 Pesisir Tengah Krui Lampung Barat Tahun Ajaran 2010/2011
menunjukkan bahwa lingkungan keluarga siswa tidak mempunyai pengaruh yang terlalu
besar terhadap prestasi belajar siswa. 3. Lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar IPS
Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pesisir Tengah Krui Lampung Barat Tahun Ajaran
2010/2011 menunjukkan bahwa lingkungan sekolah hanya sedikit mempengaruhi prestasi
belajar siswa, masih banyak faktor lain yang bisa mempengaruhi prestasi belajar siswa selain
2
lingkungan belajar di sekolah. 4. Disiplin belajar, lingkungan keluarga, dan lingkungan
sekolah dengan prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIISMP Negeri 3 Pesisir Tengah
Krui Lampung Barat Tahun Ajaran 2010/2011menunjuk-kan bahwa ketiga variabel jika
secara bersama-sama ada hubungan dengan prestasi belajar siswa lebih besar dibandingkan
jika hanya satu variabel saja.
Adanya penegakan kedisiplinan sekolah diharapkan mampu meningkatkan disiplin belajar
siswa yang akhirnya akan berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar. Pihak guru
dapat menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, sehingga mengurangi tingkat
kebosanan dan meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mengikuti pelajaran.NUR ASIYAH 0713031008