Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:33:26ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-11-20T02:02:54Z2015-11-20T02:02:54Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14517This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/145172015-11-20T02:02:54ZPENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN
DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI
PADA SISWA KELAS XI IPS SEMESTER GANJIL
SMA NEGERI 1 WAY TENONG
TAHUN PELAJARAN
2010/2011Hasil belajar adalah hasil yang dicapai siswa dalam proses belajar yang
menggambarkan keterampilan dan pengetahuan yang diperoleh siswa yang dapat
dilihat pada setiap mengikuti tes. Dalam proses pembelajaran hasil belajar yang
diperoleh siswa tidak selamanya baik. Terkadang siswa memperoleh hasil belajar
yang kurang memuaskan. Hasil belajar ini merupakan cerminan saat siswa belajar.
Tinggi rendahnya hasil belajar siswa ditentukan oleh banyak faktor yang meliputi
faktor internal dan eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari
dalam individu siswa tersebut meliputi intelegensi, motivasi, minat, disiplin,
kesehatan, cara belajar. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang berasal
dari luar individu siswa tersebut meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sosial,
dan faktor sekolah. Pada kenyataannya, sebagian besar siswa Kelas XI IPS
Semester ganjil SMA Negeri 1 Way Tenong Tahun Pelajaran 2010/2011 belum
berhasil mencapai hasil belajar yang optimal.Oleh karena itu dalam penelitian ini
akan mengkaji beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu
kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan fasilitas belajar yang dimiliki oleh
pihak sekolah.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh positif kreativitas
guru dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi
pada siswa kelas XI IPS Semester ganjil SMA Negeri 1 Way Tenong Kabupaten
Lampung Barat Tahun Pelajaran 2010/2011 (2) untuk mengetahui pengaruh
positif fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi pada siswa
kelas XI IPS Semester ganjil SMA Negeri 1 Way Tenong Kabupaten Lampung
Barat Tahun Pelajaran 2010/2011 (3) Untuk mengetahui pengaruh positif
kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan fasilitas belajar terhadap hasil
belajar mata pelajaran Ekonomi pada siswa kelas XI IPS Semester ganjil SMA
Negeri 1 Way Tenong Kabupaten Lampung Barat Tahun Pelajaran 2010/2011.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 1
Way Tenong sebanyak empat kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 141 siswa.
Teknik pengambilan sampel yaitu proportional random sampling dengan
menggunakan rumus Slovin didapat sampel sebanyak 104 siswa. Metode yang
digunakan adalah penelitian verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan
survei.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh positif kreativitas guru dalam
proses pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS semester
ganjil SMA Negeri 1 Way Tenong Tahun Pelajaran 2010/2011, dilihat
berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan regresi linier multipel, maka
diperoleh t
hitung
sebesar 5,078 > t
tabel
sebesar 1,983 (hasil intervolasi), nilai
signifikansi < alpha yaitu 0,000 < 0,05.
Ada pengaruh positif fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas
XI IPS semester ganjil SMA Negeri 1 Way Tenong Tahun Pelajaran 2010/2011,
dilihat berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan regresi linier multipel,
maka diperoleh t
hitung
sebesar 4,822 > t
tabel
sebesar 1,983 (hasil intervolasi), nilai
signifikansi < alpha yaitu 0,000 < 0,05.
Ada pengaruh positif kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan fasilitas
belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA
Negeri 1 Way Tenong Tahun pelajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukkan dengan F
hitung = 29,187 > F tabel = 2,690 (hasil intervolasi). dengan koefisien korelasi
(R) = 0,605 dan koefisien determinasi (R
2
) = 0,366 yang berarti hasil belajar
ekonomi dipengaruhi oleh kreativitas guru dan fasilitas belajar sebesar 36,6%.
dengan R
2
sebesar 0,366 atau Hasil belajar Ekonomi dipengaruhi oleh kreativitas
guru dalam proses pembelajaran dan fasilitas belajar sebesar 36,6%, sisanya
63,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil
analisis menunjukan R sebesar 0,605 termasuk tingkat hubungan yang kuat.EDI WAHYUDI 0713031022