Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T08:39:19ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-11-20T02:11:48Z2015-11-20T02:11:48Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14695This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/146952015-11-20T02:11:48ZALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM FILM LASKAR PEMIMPI
KARYA MONTY TIWA DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN
BAHASA INDONESIA DI SMAMasalah dalam penelitian ini adalah bentuk-bentuk dan faktor penyebab alih kode dan
campur kode dalam film Laskar Pemimpi karya Monty Tiwa dan implikasinya pada
pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan
bentuk-bentuk alih kode dan campur kode, penyebab terjadinya alih kode dan campur
kode dalam film Laskar Pemimpi karya Monty Tiwa serta implikasinya pada
pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas (SMA).
Metode yang digunakan dalam peneitian ini adalah metode deskriptif kualitatif,
sedangkan teknik yang digunakan adalah teknik studi dokumenter. Sumber data dalam
penelitian ini adalah dialog film Laskar Pemimpi karya Monty Tiwa. Data penelitian ini
adalah satuan bahasa yang merupakan alih kode dan atau campur kode dalam dialog film
Laskar Pemimpi karya Monty Tiwa. Objek penelitian ini dirilis bulan September
tahun 2010 dan berdurasi 93 menit 44 detik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa alih kode dan campur kode yang terjadi
dalam film Laskar Pemimpi karya Monty Tiwa terdiri atas beberapa bentuk dan
penyebab. Alih kode yang dominan terjadi adalah alih kode intern dari bahasa
Jawa dengan penyebab yang paling memengaruhi terjadinya alih kode adalah
pengaruh dari penutur. Campur kode yang paling banyak terjadi adalah campur
kode yang berbentuk kata dari bahasa Jawa dan penyebab yang paling
mempengaruhi terjadinya campur kode adalah faktor latar belakang sikap penutur.
Adanya alih kode dan campur kode tersebut dapat membantu siswa untuk
memahami watak dan latar belakang tokoh. Dengan demikian siswa dapat
mengekspresikan dialog drama dengan penghayatan yang maksimal. Sebagai
sumber belajar dalam memerankan drama, siswa dapat menggunakan dialog-
dialog yang mengandung alih kode dan campur kode dalam film Laskar Pemimpi
karya Monty Tiwa agar drama yang ditampilkan lebih menarik. Selain itu, siswa
juga dapat memahami bahwa penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan
benar adalah berbahasa sesuai dengan konteks.IMA SUSANTI 0713041031