Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:25:57ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-11T04:53:48Z2016-01-11T04:53:48Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16873This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/168732016-01-11T04:53:48ZMENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA
BERJALAN DI UDARA DENGAN MODIFIKASI ALAT
BANTU PADA SISWA KELAS VIII A SMPN 19
BANDAR LAMPUNGTAHUN PELAJARAN
2011/2012Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran
gerak dasar lompat jauh gaya berjalan di udara dengan modifikasi alat bantu
pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran
2011/2012. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode
Penelitian Tindakan Kelas (Class room Action Reserch), dengan tiga siklus,
dimana pada setiap siklus menggunakan tindakkan yang berbeda-beda.
Siklus pertama menggunakan paralon, siklus kedua menggunakan bok, dan
siklus ketiga menggunakan bola yang digantung pada tiang bambu.
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 19 Bandar Lampung
kelas VIII A yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan
berupa pengamatan hasil pembelajaran gerak dasar yang meliputi awalan,
tolakan, melayang di udara dan mendarat. Hasil penelitian ini menunjukkan
adanya peningkatan hasil pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya
berjalan di udara melalui penggunaan alat bantu pada setiap siklusnya,
adapun peningkatan pada setiap siklus adalah sebagai berikut siklus
pertama dengan menggunakan alat bantu paralon dan keset prosentase
keberhasilan sebesar 50 % itu berarti tindakan belum efektif. Pada siklus
kedua dengan menggunakan alat bantu bok prosentase keberhasilan sebesar
63 % itu berarti tindakan belum efektif dan pada siklus ketiga dengan
menggunakan alat bantu bola yang digantung prosentase keberhasilan
sebesar 91 %. Hasil peningkatan telah mencapai prosentase keberhasilan 85
% itu artinya tindakan telah efektif.Africo Ramadhani 07130510012016-01-08T09:34:29Z2016-01-08T09:34:29Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16654This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/166542016-01-08T09:34:29ZMENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA
BERJALAN DI UDARA DENGAN MODIFIKASI ALAT
BANTU PADA SISWAKELAS VIII A SMPN 19
BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN
2011/2012Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran
gerak dasar lompat jauh gaya berjalan di udara dengan modifikasi alat bantu
pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran
2011/2012. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode
Penelitian Tindakan Kelas (Class room Action Reserch), dengan tiga siklus,
dimana pada setiap siklus menggunakan tindakkan yang berbeda-beda.
Siklus pertama menggunakan paralon, siklus kedua menggunakan bok, dan
siklus ketiga menggunakan bola yang digantung pada tiang bambu.
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 19 Bandar Lampung
kelas VIII A yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan
berupa pengamatan hasil pembelajaran gerak dasar yang meliputi awalan,
tolakan, melayang di udara dan mendarat. Hasil penelitian ini menunjukkan
adanya peningkatan hasil pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya
berjalan di udara melalui penggunaan alat bantu pada setiap siklusnya,
adapun peningkatan pada setiap siklus adalah sebagai berikut siklus
pertama dengan menggunakan alat bantu paralon dan keset prosentase
keberhasilan sebesar 50 % itu berarti tindakan belum efektif. Pada siklus
kedua dengan menggunakan alat bantu bok prosentase keberhasilan sebesar
63 % itu berarti tindakan belum efektif dan pada siklus ketiga dengan
menggunakan alat bantu bola yang digantung prosentase keberhasilan
sebesar 91 %. Hasil peningkatan telah mencapai prosentase keberhasilan 85
% itu artinya tindakan telah efektif.Africo Ramadhani 07130510012015-04-16T06:05:47Z2015-10-19T04:55:24Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8346This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83462015-04-16T06:05:47ZMENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA
BERJALAN DI UDARA DENGAN MODIFIKASI ALAT
BANTU PADA SISWAKELAS VIII A SMPN 19
BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN
2011/2012Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran
gerak dasar lompat jauh gaya berjalan di udara dengan modifikasi alat bantu
pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran
2011/2012. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode
Penelitian Tindakan Kelas (Class room Action Reserch), dengan tiga siklus,
dimana pada setiap siklus menggunakan tindakkan yang berbeda-beda.
Siklus pertama menggunakan paralon, siklus kedua menggunakan bok, dan
siklus ketiga menggunakan bola yang digantung pada tiang bambu.
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 19 Bandar Lampung
kelas VIII A yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan
berupa pengamatan hasil pembelajaran gerak dasar yang meliputi awalan,
tolakan, melayang di udara dan mendarat. Hasil penelitian ini menunjukkan
adanya peningkatan hasil pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya
berjalan di udara melalui penggunaan alat bantu pada setiap siklusnya,
adapun peningkatan pada setiap siklus adalah sebagai berikut siklus
pertama dengan menggunakan alat bantu paralon dan keset prosentase
keberhasilan sebesar 50 % itu berarti tindakan belum efektif. Pada siklus
kedua dengan menggunakan alat bantu bok prosentase keberhasilan sebesar
63 % itu berarti tindakan belum efektif dan pada siklus ketiga dengan
menggunakan alat bantu bola yang digantung prosentase keberhasilan
sebesar 91 %. Hasil peningkatan telah mencapai prosentase keberhasilan 85
% itu artinya tindakan telah efektif.Africo Ramadhani 0713051001