Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:40:45ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-08-14T03:48:10Z2015-08-14T03:48:10Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11547This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/115472015-08-14T03:48:10ZPENERAPAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP
INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN
KETERAMPILAN BERCERITA BERDASARKAN
PENGAMATAN LINGKUNGAN SISWA
KELAS V SD NEGERI 4
METRO SELATANTujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan keterampilan
bercerita siswa melalui penerapan pendekatan Cooperative Learning Type Group
Investigation berdasarkan pengamatan lingkungan siswa kelas V SD Negeri 4
Metro Selatan.
Rancangan atau jenis dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau
Classroom Action Research (CAR) yang dilaksanakan berdasarkan kajian dan
tindakan secara kolaboratif, partisipatif, dan reflektif dalam situasi yang alamiah,
melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Analisis data
yang digunakan adalah deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif.
Hasil penelitian dapat dilihat berdasarkan aktivitas dan keterampilan bercerita
siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya dengan kriteria
ketuntasan 75% secara klasikal. Pada siklus I diperoleh persentase (61,76%),
terjadi peningkatan sebesar (11,77%) pada siklus II menjadi (73,53%), terjadi
peningkatan sebesar (11,76%) pada siklus III menjadi (85,29%). Rata-rata kinerja
guru pada siklus I (56,15), siklus II (75,63), dan siklus III (86,15). Keterampilan
bercerita siswa juga mengalami peningkatan setiap siklusnya yaitu siklus I
(58,82%), dengan peningkatan (11,77%) di siklus II menjadi (70,59%), dan terjadi
peningkatan (11,76%) pada siklus III menjadi (82,35%).AGUNG SAPUTRA 0713053003