Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:46:21ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-26T04:19:18Z2016-01-26T04:19:18Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20177This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/201772016-01-26T04:19:18ZPENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN
ALAM MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW SISWA
KELAS VI A SDN I TANJUNGSARI KECAMATAN NATAR
KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
TP. 2009 / 2010Berdasarkan pengamatan awal, aktivitas belajar siswa kelas VI A SDN I Tanjungsari
khususnya mata pelajaran IPA sangat rendah. Hal itu berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Oleh karena itu perlu upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Salah
satu alternatif penyelesaiannya adalah dengan menerapkan model cooperative learning tipe
jigsaw.
Alam dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI A di SDN I Tanjungsari Kecamatan Natar Kabupaten
cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa tersebut.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan tes formatif.
Adapun prosedur penelitian yang digunakan model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari
menyusun rancangan tindakan ( planning ), melaksanakan rencana tindakan persiklus ( acting ),
pengamatan dan pencatatan ( observing ), dan terakhir refleksi atau evaluasi tindakan.
Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis
kualitatif dan analisis kuantitatif yang menggunakan statistik sederhana, hasil aktivitas belajar
meningkat dari siklus pertama 35,50% siswa tidak aktif menjadi berkurang dan tinggal 9,70 %
pada siklus kedua. Dan hasil belajar siswa terdapat peningkatan dari siklus kesatu siswa yang
tidak mencapai KKM 35,50 % dan pada siklus kedua siswa yang tidak mencapai KKM 0%.
Berdasarkan data data yang disebutkan di atas, ditarik kesimpulan bahwa : model
cooperative learning meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas VI A pada
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN 1 Tanjungsari terbukti.HERNAWATI 0713056106